Presiden Komite Olimpiade Nepal Jadikan Asian Games 2018 sebagai Acuan Prestasi bagi Negaranya

By Aprelia Wulansari - Jumat, 31 Agustus 2018 | 09:24 WIB
Presiden Komite Olimpiade Nepal, Jeevan Ram Shrestha, setelah menyaksikan pertandingan angkat besi di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta, Minggu (26/8/2018). (APRELIA WULANSARI/BOLASPORT.COM)

Nepal adalah salah satu negara peserta Asian Games 2018. Hingga Jumat (31/8/2018), negara yang terletak di kaki Himalaya ini telah meraih satu medali perak.

Satu perak itu dipersembahkan tim paralayang cross country putra Nepal. Presiden Komite Olimpiade Nepal atau Nepal Olympic Committee, Jeevan Ram Shrestha, bangga dengan pencapaian tersebut.

Apalagi, Asian Games 2018 memang dianggap penting bagi Nepal. Bagaimana program olahraga Nepal selanjutnya? Berikut penuturan Shrestha yang juga merupakan anggota parlemen negaranya itu kepada Bolasport.com di Jakarta.

Bagaimana Anda menilai penampilan kontingen Nepal di Asian Games 2018?
Kami telah melakukan yang terbaik yang kami bisa dan inilah hasilnya. Asian Games 2018 akan kami jadikan bahan evaluasi untuk pembinaan olahraga berikutnya dan sebagai persiapan ke South Asian Games 2019 dan Olimpiade Tokyo 2020.

Sejauh mana persiapan ke Olimpiade 2020?
Komite Olimpiade Nepal telah membuat program untuk Olimpiade 2020. Kami akan melakukan seleksi untuk atlet-atlet terbaik dan hasil pada Asian Games 2018 akan menjadi acuan kami. Latihan jangka panjang akan dilakukan dengan tujuan untuk lolos kualifikasi Olimpiade.

Bagaimana dengan Nepal sebagai tuan rumah South Asian Games 2019?
Persiapan kami masih berjalan. Fokus utama adalah infrastruktur karena fasilitas kami banyak yang rusak akibat gempa. Kami berharap semua pihak siap pada waktunya. Tentu kami juga mempersiapkan para atlet untuk bisa meraih prestasi di ajang tersebut.

(Baca juga: Asian Games 2018 - Menpora Akan Cairkan Bonus bagi Peraih Medali Pekan Depan Tanpa Pajak)

Bagaimana dengan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018?
Saya menghadiri upacara pembukaan dan sangat terpukau. Impresif dan indah. Indonesia juga memiliki wisma atlet yang dikelola dengan baik dan para atlet senang. Indonesia melakukan tugasnya dengan baik sebagai tuan rumah.

Apakah Anda pertama kali ke Indonesia?
Saya pernah ke Bali sebelumnya, tapi ini kali pertama saya ke Jakarta. Ternyata Jakarta berbeda dengan yang saya bayangkan. Jakarta adalah kota yang sangat besar dengan segala keragamannya.