Ini Contoh Kasus di Mana Klub Liga Inggris Bisa Perpanjang Tenggat Bursa Transfer

By Firzie A. Idris - Kamis, 31 Agustus 2017 | 16:41 WIB
Stadion Anfield di kota Liverpool. (ANTHONY DEVLIN/AFP)

Tim-tim Inggris memasuki hari terakhir tenggat transfer musim panas pada Kamis (31/8/2017). Batas waktu yang ditetapkan adalah pukul 23.00 waktu lokal atau pukul 5.00 pagi WIB pada Jumat (1/9/2017).

Namun, ada beberapa kasus di mana Premier League mengizinkan klub melewati tenggat waktu tersebut.

Hal ini tercantum di situs resmi Premier League:

"Untuk tenggat pukul 23.00 WIB, lembar transfer tak dapat dipakai sebelum pukul 21.00. Lembar itu harus dilengkapi sebelum jendela transfer tutup.

"Begitu lembaran transfer tiba, klub-klub punya waktu hingga pukul 01.00 pagi untuk melengkapi dokumentasi transfer.

"Namun, klub-klub tetap harus melengkapi FIFA Transfer Matching System (TMS) pada tenggat waktu tengah malam apabila mereka ingin menuntaskan transfer internasional."

Baca Juga: Man of the Match Indonesia Vs Myanmar - Septian David Maulana, Trequartista Tajam Garuda Muda

Lalu, bagaimanakah soal permasalahan klasik dengan mesin fax? Ingat problem dengan mesin fax ini ditenggarai sebagai penyebab batalnya transfer David de Gea dari Manchester United ke Real Madrid beberapa tahun lalu.

Seorang jubir Premier League mengutarakan hal tersebut kepada Wales Online, "Tidak ada lagi yang memakai mesin fax. Tetapi, klub-klub masih punya pilihan untuk mengirim via desktop fax atau memindari dokumen-dokumen dan mengirim lewat email."

Jika ada masalah dalam proses ini dan klub gagal menepati tenggat jam 23.00 waktu setempat, Premier League punya hak untuk menolak aplikasi transfer.

Namun, mereka juga dapat memuluskan transfer dengan syarat-syarat tertentu yang harus dipenuh klub dan pemain.