Kerap Gagal Dalam Adu Penalti, Gareth Southgate Siapkan Latihan Khusus bagi Timnas Inggris

By Putra Rusdi Kurniawan - Senin, 13 November 2017 | 20:35 WIB
Gareth Southgate saat memimpin sesi latihan timnas Inggris di St George's Park, Burton on Trent, Inggris, 8 November 2016. (PAUL ELLIS / AFP)

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, akan membuat simulasi adu penalti di tengah penonton Stadion Wembley.

Simulasi adu penalti di depan penonton di Stadion Wembley akan dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi Piala Dunia 2018.

Adu penalti memang menjadi momok menakutkan bagi Inggris di mana karenanya mereka telah tersingkir dalam enam turnamen besar sejak Piala Dunia 1990.

Satu-satunya kemenangan mereka raih melalui adu penalti terjadi ketika di Piala Eropa 1996 di mana mereka mengalahkan Spanyol.

Melihat hal tersebut, rencana Southgate adalah menggelar latihan adu penalti dengan membuat kondisi pemain timnas Inggris tertekan.

(Baca Juga: Inggris Akan Kembali Ganti Kapten pada Laga Versus Brasil)

"Ini adalah sesuatu yang kami pertimbangkan bagaimana kami mempersiapkan diri untuk melakukan adu penalti," kata Southgate, dilansir BolaSport.com dari Sky Sports.

"Entah itu sesuatu di tempat latihan, apakah itu dalam sesi yang kita lakukan jauh dari tempat latihan, atau sesuatu yang kita lakukan dalam skenario pertandingan," pungkasnya.

Rencana itu kemungkinan tidak bisa terealisasi dalam laga kontra Brasil pada Rabu (15/11/2017) dini hari WIB.

Namun kemungkinan ide tersebut bisa terealisasi dalam laga uji coba berikutnya kontra Italia dan Belanda sebelum Inggris bermain di Piala Dunia 2018.