Alasan Everton Pilih Sam Allardyce Jadi Pelatih Baru

By Putra Rusdi Kurniawan - Jumat, 1 Desember 2017 | 06:02 WIB
Manajer Crystal Palace, Sam Allardyce (kiri) bersama Arsene Wenger di Stadion Emirates, London, pada 1 Januari 2017. Arsenal menang 2-0. (GLYN KIRK/AFP)

Everton secara resmi telah menunjuk Sam Allardyce sebagai pelatih anyar mereka menggantikan Ronald Koeman.

Everton mengumukan penunjukan Sam Allardyce sebagai pelatih kepala mereka setelah berhasil mengalahkan West Hamu United 4-0 pada pekan ke-14 Liga Inggris.

Dilansir BolaSport.com dari akun resmi Everton, dibutuhkan waktu enam Minggu semenjak dipecatnya Ronald Koeman untuk mengumumkan bahwa Sam Allardyce merupakan pelatih baru bagi The Toffess.

Sebelum resmi menunjuk Allardyce, Everton ditangani oleh David Unsworth sebagai pelatih sementara usai dipecatnya Ronald Koeman.

Sam Allardyce sendiri dikontrak Everton selama 18 bulan atau hingga akhir musim 2018-2019.

(Baca Juga : Datangkan Sam Allardyce, Everton akan Tembus Liga Champions)

"Saya senang bisa memastikan Sam sebagai manajer baru kami," kata pemilik Everton Farhad Moshiri dilansir BolaSport.com dari ESPN.

"Sam memahami ambisi jangka panjang yang kita miliki untuk klub hebat ini dan saya tahu dia adalah orang yang memberikan segalanya dan fokus 24 jam sehari di klub."

Sam Allardyce termasuk salah satu pelatih berpengalaman di Inggris, Big Sam sapaan Alardyce yang terakhir melatih Crystal Palace sampai akhir musim 2016-2017pernah menangani beberapa klub kasta tertinggi Liga Inggris seperti West Ham United, Newcastle United dan Bolton Wanderers.

Bahkan pria 63 tahun ini pernah melatih timnas Inggris pada 2016 namun karirnya cukup pendek akibat kasus rekaman pembicaraan.

Allardyce akan segera memimpin Everton di laga kontra Huddersfield Town pada pekan ke-15 Liga Inggris, Sabtu (2/12/2017).