Empat Catatan Apik Julen Lopetegui sebagai Pelatih

By Wisnu Nova Wistowo - Rabu, 13 Juni 2018 | 05:24 WIB
Julen Lopetegui saat membesut FC Porto. Dia mendampingi anak asuhnya berlaga dalam ajang Liga Portugal melawan Sporting CP di Alvalade stadium, Lisbon, 2 Januari 2016. (FRANCISCO LEONG/AFP)

Pelatih timnas Spanyol, Julen Lopetegui, akan menangani Real Madrid setelah gelaran Piala Dunia 2018.

Kursi pelatih Madrid kosong setelah Zinedine Zidane memutuskan untuk mundur hanya berselang lima hari setelah memenangi gelar ketiga beruntun di Liga Champions.

Real Madrid resmi menunjuk pelatih Spanyol saat ini, Julen Lopetegui sebagai pelatih anyarnya pada Selasa (12/6/2018).

Perekrutan ini tergolong mengejutkan sebab Lopetegui tidak masuk dalam jajaran kandidat yang mungkin menjadi pelatih tim berjulukan Los Blancos.

Madrid mengeluarkan biaya sebesar 2 juta euro atau sekitar Rp 32,7 miliar untuk mengaktifkan klausul pelepasan kontraknya bersama federasi sepak bola Spanyol (RFEF).

Meski rekor Zidane akan sulit untuk diulang, Lopetegui memiliki sejumlah catatan menjanjikan.

Di level klub, Lopetegui sudah sekali mengecap pengalaman saat menukangi FC Porto pada 2014-2016 meski belum berhasil berhasil memenangi gelar.

(Baca juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018, Awal dan Akhir di Moskow)

Berikut beberapa catatan apik Julen Lopetegui sebagai pelatih:

  • 20 - Lopetegui sudah menjalani 20 pertandingan bersama timnas Spanyol dan belum sekali pun mengalami kekalahan.
  • 25 - Hanya Luis Aragones yang memiliki catatan awal lebih baik dari Lopetegui dengan tidak terkalahkan dalam 25 laga pertama.
  • 61 - Spanyol bisa mencetak 61 kali di bawah asuhan Lopetegui dan tidak ada tim yang sanggup tidak kebobolan melawan mereka.
  • 69,4 - Pelatih berusia 51 tahun itu punya catatan kemenangan hampir 70 persen saat masih menjadi pelatih Porto pada 2014 hingga 2016.