Lionel Messi Sebut Faktor Uang Telah Membuat Barcelona Tak Sespesial Dahulu

By Verdi Hendrawan - Rabu, 5 September 2018 | 09:46 WIB
Megabintang FC Barcelona, Lionel Messi (tengah), mengangkat trofi Piala Super Spanyol seusai mengalahkan Sevilla di Grande Stade de Tanger, Tangiers, Maroko pada 12 Agustus 2018. (FADEL SENNA/AFP)

Megabintang Barcelona, Lionel Messi, mengatakan bahwa Blaugrana kini sudah tidak menjadi klub yang sangat spesial seperti dahulu di mata para pemain.

Hal ini disebabkan oleh kekuatan finansial yang banyak dimiliki klub-klub Eropa, baik yang disebabkan oleh keberhasilan dalam bisnis atau kekayaan sang pemilik.

Kondisi ini dipercaya Lionel Messi telah mengubah banyak hal dan membuat banyak pemain menjadikan uang sebagai tujuan kariernya.

Padahal sebelumnya Lionel Messi hanya menilai bahwa Barcelona dan Real Madrid adalah tujuan utama semua pemain yang ada di dunia.

“Sekarang ada banyak klub yang memiliki banyak uang dan kini banyak pemain memilih pindah karena alasan itu. Kini uang menjadi tujuan akhir dan segalanya telah berubah," ucap Lionel Messi seperti dikutip BolaSport.com dari ESPN FC.

(Baca Juga: Gaji Cristiano Ronaldo Lebih Tinggi dari 10 Klub Liga Italia)

“Sebelumnya, semua pemain ingin bermain untuk Barca atau Madrid sebagai klub terbaik. Namun, kini semua menjadi lebih ketat dan tidak ada banyak perbedaan antara Manchester United, Manchester City, PSG, Real Madrid, Barcelona, Bayern Muenchen, dan klub-klub dari Italia,” tuturnya.

Berdasarkan situs Forbes, klub terkaya di dunia saat ini masih dipegang oleh Manchester United dengan nilai 4,12 miliar dolar AS (sekitar Rp 61,5 triliun).

Sementara di posisi kedua dan ketiga masing-masing ditempati Real Madrid (4,09 miliar dolar AS) dan Barcelona (4,06 miliar dolar AS).

(Baca Juga: Krisis Kapten? Liverpool Kini Miliki 10 Sosok Pemimpin di Lapangan)