Lionel Messi Tak Butuh Trofi Piala Dunia

By Lariza Oky Adisty - Jumat, 28 Desember 2018 | 17:36 WIB
Megabintang FC Barcelona, Lionel Messi. (TWITTER.COM/FCBARCELONA)

Pemain Barcelona asal Argentina, Lionel Messi, dinilai tidak butuh memenangi Piala Dunia untuk bisa dinilai sebagai salah satu pemain terbaik dunia.

Nama Lionel Messi direken sebagai pemain terbaik dunia era kontemporer berkat pretasinya bersama Barcelona.

Namun, dia belum mencatat prestasi bersama tim nasional Argentina dan belum merasakan juara Piala Dunia sejak debutnya pada 2006.

Mantan pemain Brasil, Zico, menilai hal itu tidak penting untuk menilai kualitas Messi.

Baca juga artikel menarik lainnya:

"Messi tidak perlu frustasi. Sekarang orang hanya memikirkan prestasi, tetapi menurut saya, dalam berkarier, hasil kerja Anda-lah yang terpenting," ujar Zico.

Zico juga mengingatkan bahwa sepak bola adalah permainan kolektif dan kehadiran Messi saja belum cukup menjamin timnya sukses.

"Sepak bola adalah olahraga kolektif dan tidak harus bergantung pada bagus-tidaknya seorang pemain. Keberhasilan tim bergantung pada bagusnya kerja tim. Anda bisa menentukan jalannya laga, tetapi tidak bisa menentukan hasil sebuah turnamen. Kehebatan Messi tidak hilang hanya karena dia belum juara dunia," tuturnya melanjutkan.

Zico pun mengingatkan bahwa pemain sebelum era Messi, seperti Johan Cruyff, juga tidak pernah juara dunia

"Johan Cruyff tidak pernah memenangi Piala Dunia dan dia tetap salah satu pemain terhebat. Banyak pemain lain juga demikian," kata Zico lagi.