Lawan Shakhtar Donetsk Akan Jadi Momen Bersejarah bagi Pep Guardiola

By Wisnu Nova Wistowo - Rabu, 6 Desember 2017 | 21:26 WIB
Manajer Manchester City, Josep Guardiola (kedua dari kiri), merayakan kemenangan atas Huddersfield Town dalam laga Liga Inggris di Stadion John Smith's, Huddersfield, pada 26 November 2017. (OLI SCARFF/AFP)

Meski tidak lagi menentukan bagi Manchester City, pertandingan melawan Shakhtar Donetsk akan tetap spesial buat Pep Guardiola (46).

Partai pamungkas babak penyisihan Grup F Liga Champions tersebut akan berlangsung di Stadion Metalist, Rabu (6/12/2017) waktu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Man City telah memastikan lolos ke babak 16 besar dan berstatus sebagai juara grup dengan mengemas 15 poin atau selalu menang di lima partai.

Sementara itu, dengan 9 poin Shakhtar masih butuh tambahan minimal satu poin agar bisa memastikan lolos sebagai runner-up.

Berdasarkan data yang didapat BolaSport.com, melawan Shakhtar akan menjadi laga ke-100 bagi Pep Guardiola sebagai pelatih di Liga Champions.

Ia pun akan menjadi pelatih keenam yang sanggup membuat pencapaian tersebut setelah Sir Alex Ferguson, Arsene Wenger, Carlo Ancelotti, Jose Mourinho, dan Mircea Lucescu.

(Baca Juga : Ramalan Zinedine Zidane soal Persaingan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi)

Pencapaian tersebut dibuat Guardiola bersama tiga klub berbeda, yakni FC Barcelona, Bayern Muenchen, dan Man City.

Dalam 99 laga sebelumnya pelatih berkepala plontos ini telah membuat catatan 61 kemenangan, 23 seri, dan 15 kali kalah.

Bahkan, ia sudah dua kali berhasil trofi Liga Champions bersama Barcelona pada 2009 dan 2011.