UEFA Hukum AS Roma akibat Kerusuhan Antarsuporter Saat Bertandang ke Liverpool

By Putra Rusdi Kurniawan - Selasa, 5 Juni 2018 | 23:13 WIB
Suporter AS Roma mendukung tim kesayangan mereka saat menghadapi FC Barcelona pada laga Liga Champions di Stadion Olimpico, Roma, 10 April 2018. (FILIPPO MONTEFORTE / AFP)

AS Roma mendapatkan hukuman dari UEFA akibat kerusuhan suporter menjelang duel kontra Liverpool pada Liga Champions 2017-2018.

AS Roma harus rela menerima denda senilai 50.000 euro (sekitar Rp 810 juta) dari UEFA akibat kerusuhan suporter di sekitar kandang Liverpool, Stadion Anfield, pada leg pertama babak semifinal Liga Champions (24/4/2018).

Selain itu, tim berjuluk Serigala Ibu Kota tidak akan mendapatkan jatah tiket laga tandang untuk para pendukungnya pada dua laga Liga Champions musim depan.

Kerusuhan antara oknum pendukung AS Roma dan Liverpool ketika itu membuat satu pendukung The Reds bernama Sean Cox (53 tahun) dalam kondisi kritis.

Sean Cox mengalami cedera di kepala akibat dianiaya oleh oknum dua pendukung AS Roma, yaitu Filippo Lombardi dan Daniele Sciusco.

(Baca Juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018, Awal dan Akhir di Moskwa)

Selain memberikan denda kepada AS Roma, UEFA menghukum penjaga gawang yang baru berpisah dari Juventus, Gianluigi Buffon, dengan larangan bermain di tiga laga kompetisi antarklub Eropa.

Penjaga gawang 40 tahun tersebut memprotes wasit Michael Oliver setelah memberikan tendangan penalti kepada Real Madrid dalam duel leg kedua babak perempat final Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu.

Protes keras Gianluigi Buffon kepada Michael Oliver ini juga membuat penjaga gawang asal Italia itu mendapatkan kartu merah langsung dari sang wasit.

 

Berikut 10 klub yang paling bernilai hingga Mei 2018. . Adakah jagoan kalian? . #manutd #realmadrid #barcelonafc #chelsea #arsenal #juventus #liverpool #bayernmuenchen #mancity #tottenham

A post shared by BolaSport.com (@bolasportcom) on