Meski Gagal Juara Liga Champions, Juventus Jadi Klub Paling Untung dalam Hak Siar TV

By Dimas Wahyu Indrajaya - Rabu, 31 Oktober 2018 | 14:27 WIB
Penyerang Juventus, Paulo Dybala (tengah), merayakan gol yang dicetak ke gawang Young Boys dalam laga Grup H Liga Champions di Juventus Stadium, Turin, Italia pada 2 Oktober 2018. ( MIGUEL MEDINA/AFP )

Juventus menjadi klub paling untung dalam hak siar televisi (TV) di panggung kompetisi Eropa.

Meski gagal menjuarai Liga Champions di beberapa kali kesempatan, Juventus menjadi klub paling untung dalam hak siar TV.

Menurut laporan yang dilansir BolaSport.com dari Swiss Ramble, jawara bertahan Liga Italia Serie A itu mendapatkan keuntungan 406 juta euro dalam lima tahun terakhir dalam hak siar TV dalam pertandingan di kompetisi Eropa.

Juventus mengalahkan juara Liga Champions musim lalu, Real Madrid, yang menduduki posisi dua dengan pendapatan siar TV sejumlah 360 juta euro.

Selain Juventus dan Madrid, delapan klub lain yang termasuk di posisi sepuluh besar memiliki keuntungan di atas 200 juta euro, mereka adalah; Paris Saint-Germain (299 juta euro), Bayern Muenchen (284), Manchester City (279), Barcelona (277), Atletico Madrid (272), AS roma (227), Arsenal (219), dan Chelsea (217).

Sementara itu, dari 44 klub yang tercantum dari statistik yang dikeluarkan Swiss Ramble, pesaing Juventus di Liga Italia yakni AC Milan berada di posisi buncit

Juara Liga Champions lima kali hanya mendapatkan keuntungan sebesar 52 juta euro.

(Baca Juga: 5 Pemain yang Punya Peran Krusial di Piala AFF 2018 Versi Media Asing, Ada Gelandang Timnas Indonesia)

Hal itu terbilang wajar karena dalam lima tahun terakhir Milan baru kembali mencicipi kompetisi Eropa pada musim 2017-2018.

Saat itu mereka bertarung di Liga Europa dan lajunya terhenti oleh wakil Inggris, Arsenal, dengan skor 1-5 di babak 16 besar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

The Icon... syuperrr... . #fcbarcelona #juventus #lionelmessi #cristianoronaldo

A post shared by BolaSport.com (@bolasportcom) on