Liga Champions - Pahlawan Kemenangan Barcelona Bukan Lionel Messi

By Ahmad Tsalis Fahrurrozi - Kamis, 29 November 2018 | 09:13 WIB
Penyerang FC Barcelona, Lionel Messi (kiri) dan Luis Suarez, merayakan gol tim mereka ke gawang Huesca, 3 September 2018. (TWITTER @CHAMPIONSLEAGUE)

Kemenangan 2-1 Barcelona atas PSV Eindhoven di Liga Champions, bukan hanya karena peranan Lionel Messi semata.

Lionel Messi memang tampil seperti biasa saat antarkan Barcelona menang tipis 2-1 atas PSV Eindhoven, dalam lanjutan partai Grup B Liga Champions, Kamis (29/11/2018) dini hari WIB.

Sebiji gol Lionel Messi ukir pada menit ke-61 serta satu assist untuk lesakan Gerard Pique sembilan menit berselang.

Hanya, Barcelona tidak menang karena peranan Lionel Messi saja melainkan juga lantaran permainan gemilang sang kiper, Marc-Andre Ter Stegen.

Baca Juga:

Dilansir BolaSport.com dari Opta Jose, Marc-Andre Ter Stegen membikin 8 penyelamatan dalam laga Liga Champions ini.

Catatan itu membuat yang tertinggi bagi dirinya dalam satu laga di semua kompetisi musim ini.

Sebelumnya, kiper timnas Jerman tersebut pernah membikin 5 penyelamatan gemilang kala menghadapi Sevilla pada jornada 9 Liga Spanyol, 20 Oktober 2018.

Kemenangan ini menyebabkan El Barca mantap bertengger di puncak klasemen Grup B dengan 13 poin, unggul dari Tottenham Hotspur (7 angka), Inter Milan (7) dan PSV (1).

Fenomena tersebut dicatat oleh Squawka bahwa Blaugrana kini merupakan tim pertama yang mampu menjuarai babak grup sebanyak 20 kali di Liga Champions. Mereka cuma gagal dalam 3 kesempatan.

Sementara tiket babak 16 besar pun sudah pasti digondol skuat asuhan Ernesto Valverde, dan tinggal menunggu tim yang bakal menemani mereka lolos ke fase selanjutnya pada 11 Desember kelak.