Ada Pemain Sensasional di Tim Pertama Eropa yang Lolos ke Piala Dunia 2018

By Wisnu Nova Wistowo - Rabu, 4 Oktober 2017 | 06:23 WIB
Penyerang Swedia, Zlatan Ibrahimovic (kiri), berduel dengan bek Belgia, Jan Vertonghen, dalam laga pamungkas Grup E Piala Eropa 2016 di Allianz Riviera, Nice, pada Selasa (22/6/2016) waktu setempat. (BULENT KILIC/AFP )

 Pemain bertahan Tim Nasional Belgia, Jan Vertonghen, berpeluang membuat rekor penampilan terbanyak di pentas internasional.

Bek tangguh berusia 30 tahun ini sekarang sudah mencatatkan 94 penampilan bersama timnas Belgia.

Jika bermain di partai kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup H melawan Bosnia-Herzegovina di Stadion Grbavica, Sabtu (7/10/2017), akan menjadi penampilannya ke-95.

Jumlah tersebut menempatkan pemain serbabisa Tottenham Hotspur ini sebagai pemain kedua dengan caps terbanyak menggeser posisi Timmy Simons.

Namun, jika Vertonghen kembali tampil melawan Siprus, Rabu (11/10/2017), akan sejajar dengan Jan Ceulemans sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak dalam sejarah Belgia sebanyak 96 laga.

"Menurut saya Jan sangat penting. Ia sosok pemimpin, sangat berpengalaman dan itu penting," kata pelatih timnas Belgia, Roberto Martinez, seperti dilansir BolaSport.com dari Sky Sports.

"Kami memiliki beberapa pemain sepertinya dan mereka akan membantu membimbing talenta-talenta muda," tuturnya.

"Guna bisa mendapatkan 95 caps di tahap ini dalam kariernya merupakan pencapaian sensasional. Hal itu menunjukkan tingkat profesionalisme yang dimilikinya," ujar dia.

Belgia merupakan tim pertama Eropa yang sudah memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.