Kesuksesan Islandia ke Piala Dunia Bisa Jadi Contoh Bagus bagi Negara Kecil

By Verdi Hendrawan - Selasa, 10 Oktober 2017 | 16:43 WIB
Para pemain timnas Islandia merayakan kemenangan atas Kosovo pada partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa di Reykjavik, 10 Oktober 2017. (HARALDUR GUDJONSSON/AFP)

Kesuksesan Islandia untuk kali pertama lolos ke Piala Dunia edisi 2018 bisa menjadi contoh besar bagi negara-negara di dunia.

Kesuksesan Islandia menunjukkan bahwa negara kecil memiliki peluang yang sama untuk bisa berlaga di pentas ter-akbar sepak bola.

Islandia berhasil memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah keluar sebagai juara Grup I seusai mengalahkan Kosovo dengan skor 2-0 di Stadion Laugardalsvollur, Senin (9/10/2017) atau Selasa dini hari WIB.

Gol kemenangan Islandia berhasil dicetak oleh Gylfi Sigurdsson (menit ke-40) dan Johann Gudmundsson (68').

Kosovo yang finis di peringkat terbawah Grup I dengan raihan satu poin, ikut senang dengan kesuksesan Islandia ini.

Pelatih timnas Kosovo, Albert Bunjaki, berharap keberhasilan Islandia ini dapat membuka mata dan harapan negara-negara dengan jumlah penduduk yang minim untuk lolos ke Piala Dunia.

(Baca Juga: Hitung-hitungan Perebutan Tiket 8 Besar Liga 2 di Grup A untuk PSS Sleman, PSPS Riau dan Cilegon United)

"Selamat kepada Islandia. Kesuksesan ini adalah contoh bagus dari sebuah negara kecil dalam membentuk sebuah tim yang dapat tampil terorganisir dengan baik," ucap Bunjaki dikutip dari Morgunbladid.

"Islandia dapat menjadi inspirasi bagus bagi negara-negara kecil."

Berdasarkan data sensus pada 2016, jumlah penduduk Islandia hanya berjumlah 332.529 jiwa.

Jumlah tersebut jauh lebih rendah dari Kosovo yang juga berstatus sebagai negara kecil dengan populasi sebesar 1,9 juta jiwa.