Akhir Karier Dick Advocaat di Timnas Belanda Ditandai dengan Kemenangan

By Wisnu Nova Wistowo - Rabu, 15 November 2017 | 18:40 WIB
Pelatih timnas Belanda, Dick Advocaat, berbicara dalam jumpa pers menjelang duel Kualifikasi Piala Dunia 2018 kontra Prancis di Paris, 30 Agustus 2017. (FRANCK FIFE/AFP)

Kemenangan 3-0 di pertandingan persahabatan melawan Rumania menjadi penutup karier Dick Advocaat bersama timnas Belanda.

Tiga gol yang tercipta di Arena Nationala, Selasa (14/11/2017) waktu setempat, masing-masing dicetak Memphis Depay, Ryan Babel, dan Luuk de Jong.

Advocaat dipastikan tidak memperpanjang kerja sama bersama tim beralias De Oranje setelah gagal mengantarkan Arjen Robben dkk lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

Ikatan kontraknya akan berakhir pada akhir November 2017.

"Saya berhenti karena menurut saya sudah saatnya bagi generasi lain," kata Advocaat seperti dilansir BolaSport.com dari situs resmi KNVB.

"Saya tidak ragu dengan keputusan ini. Sekarang saat buat pelatih-pelatih muda untuk unjuk gigi," ujar dia.

(Baca juga: Dibuang Real Madrid, Pemain Ini Malah Membentuk Trio Paling Subur di Eropa)

Advocaat merupakan pelatih yang juga pernah melatih lima negara lain selama 27 tahun perjalanan kariernya, yakni Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Belgia, Rusia, dan Serbia.

Ia belum memastikan apakah akan menjadi pelatih di level klub, kembali berkiprah di pentas internasional, atau menghentikan karier kepelatihannya.