Fakta Baru Soal Insiden Tandukan Zinedine Zidane, Ada Andil Pemain Prancis Lain yang Bikin Zizou Dikartu Merah

By Bagas Reza Murti - Rabu, 10 Januari 2018 | 13:59 WIB
Gelandang timnas Prancis, Zinedine Zidane (kiri), usai menanduk dada bek Italia, Marco Materazzi, hingga terjatuh ke tanah dalam pertandingan final Piala Dunia 2006 di Olimpiastadion, Berlin, Jerman, pada 9 Juli 2006. (JOHN MACDOUGALL/AFP)

Mantan pemain timnas Prancis, Willy Sagnol mengungkapkan fakta baru soal insiden tandukan Zinedine Zidane kepada Marco Materazzi di final Piala Dunia 2006.

Insiden di babak tambahan tersebut menjadi akhir karier Zidane sebelum diusir wasit dan melihat Italia memenangkan gelar Piala Dunia lewat adu penalti.

Sekarang, salah satu pemain yang juga ada di lapangan saat itu, Willy Sagnol, menceritakan versinya atas insiden tersebut.

Rekan satu tim Sagnol lainnya, Wiltord dipercaya sebagai biang keladi dibalik kartu merah Zidane.

"Jika saja Wiltord tak mengeluarkan bola, saya tak berpikir wasit akan menghentikan pertandingan dan mengecek apa yang terjadi," ujar Sagnol dilansir BolaSport.com dari SFR Sport 1.

(Baca juga: Pelatih Bristol City: Pep Bilang Kami Lebih Baik dari Sebagian Tim Premier League)

Sylvain Wiltord membuang bola keluar lapangan dan menunjuk ofisial pertandingan. Lalu sang pengadil melihat Materazzi dan Zidane berdebat hingga insiden tandukan tersebut terjadi.

Tayangan ulang menunjukkan Zizou menanduk bek Italia tersebut di dada dan keputusan wasit untuk mengeluarkannya diputuskan bersama dengan ofisial pertandingan.

Hingga saat ini, pihak timnas Prancis percaya ofisial pertandingan hanya melihat tayangan ulang dalam memutuskan kartu merah Zidane.