Rekor Tragis 12 Laga Tanpa Menang Timnas Malaysia Diakhiri dengan Pesta Gol ke Gawang Tim Lemah Ini

By Adif Setiyoko - Senin, 2 April 2018 | 17:53 WIB
Dua pemain timnas Bhutan mencoba menghentikan laju pilar timnas Malaysia pada uji coba level A di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur pada 1 April 2018. (facebook.com/FAMalaysiaOfficial)

Timnas Malaysia berhasil menuntaskan misi untuk memutus catatan negatif selama beberapa laga terakhir.

Adalah timnas Bhutan yang menjadi korban timnas Malaysia demi menghentikan rekor tak pernah meraih kemenangan selama 12 pertandingan terakhir.

Skuat besutan Tan Cheng Hoe berhasil menaklukan negara kecil yang terletak di daerah Asia Selatan dengan skor yang meyakinkan, 7-0, di di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Minggu (1/4/2018) malam.

(Baca juga: Persija Vs Arema FC - Mimpi Buruk yang Menghantui Pelatih Persija Jakarta Menjadi Kenyataan)

Sebelumya, timnas Malaysia harus kembali gagal meraih kemenangan usai ditaklukkan timnas Lebanon dengan skor 1-2 pada ajang Kualifikasi Piala Asia 2019.

Tujuh gol yang dicetak skuat Harimau Malaya disumbangkan oleh Wan Zack Haikal (12'), Zaquan Adha Radzak (20', 37', 40' dan 55'), Irfan Zakaria (28') dan Muhd Syafiq Ahmad (74').

Sebelumnya, timnas Bhutan memang dianggap lawan yang ideal bagi skuat Harimau Malaya untuk memupus rantai buruk tak pernah menang selama 12 laga terakhir.

Pasalnya, timnas Bhutan memiliki ranking FIFA yang jauh lebih buruk ketimbang Malaysia, yakni di peringkat 188.

(Baca juga: Usai Mendepak Michael Essien, Kini Persib Bandung Langsung Menanggung Akibatnya)

Bahkan, negara kecil yang terletak di daerah Asia Selatan ini menderita rekor belum pernah menang yang jauh lebih panjang ketimbang Harimau Malaya.

Timnas Bhutan terakhir kali meraih kemenangan pada laga Kualifikasi Piala Asia, saat menundukkan Bangladesh dengan skor 3-1 pada Oktober 2016.

Prestasi timnas Bhutan juga sangat memprihatinkan karena nyaris tak pernah beranjak dari posisi paling buncit dari ranking FIFA sejak Federasi Sepak Bola Bhutan bergabung dengan FIFA pada 2000.

Sedangkan skuat Harimau Malaya, tak memiliki prestasi yang jauh lebih baik.

Terakhir kali timnas Malaysia meraih kemenangan yakni saat membungkam timnas Kamboja dengan skor 3-2 di ajang Piala AFF 2016 pada medio November 2016.

(Baca juga: Sering Mencetak Pesepak Bola Berbakat, Pelatih Ini Dapat Pujian Setinggi Langit dari Indra Sjafri)