Menpora Tunggu FFI Terkait Terkatung-katungnya Keberangkatan Timnas Futsal Putra ke SEA Games 2017

By Segaf Abdullah - Jumat, 28 Juli 2017 | 19:45 WIB
Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI), Hary Tanoesoedibjo, saat menerima kedatangan ofisial dan tim futsal U-20 Indonesia di MNC Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (23/5/2017) malam WIB selepas tersingkir dari perempat final pada AFC U-20 Futsal Championship 2017 di Bangkok, Thailand. (SEGAF ABDULLAH/JUARA.NET)

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan pihaknya masih menunggu FFI (Federasi Futsal Indonesia) untuk menjelaskan persiapan timnas futsal putra Indonesia menjelang SEA Games 2017.

Timnas futsal indonesia memang dikabarkan menarik diri dari ajang olahraga antarnegara Asia Tenggara itu.

Kabar itu muncul karena sampai kini timnas Futsal Indonesia belum menggelar pemusatan latihan di bawah asuhan Vic Hermans. Padahal, SEA Games akan digelar mulai 19 Agustus 2017.

Akan tetapi, FFI belum juga mempresentasikan persiapan timnas futsal putra kepada Kemenpora. Padahal, mereka sudah didesak untuk berangkat ke SEA Games.

"Satlak Prima sudah punya analisis hingga target yang harus didapatkan kontingen Indonesia. Satlak Prima sudah memutuskan futsal putri yang diberangkatkan," tutur Imam di kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (28/7/2017).

"Kami akan minta PSSI menyiapkan timnas futsal putra. Kami ingin lihat pelatnasnya. Yang pasti pemerintah akan dukung penuh. Tetapi, FFI tidak menyiapkan timnasnya, siapa yang mau main?," kata politisi PKB itu.

Sebelumnya, pelatih timnas futsal Indonesia, Victor Hermans, kecewa dengan kendala komunikasi antara Federasi Futsal Indonesia (FFI) dengan PSSI.

Juru taktik asal Belanda itu pun merasa keputusan yang dibuat kedua organisasi tersebut sangat lamban.

Walhasil, seleksi timnas futsal Indonesia yang dijadwalkan digelar di Mataram, Nusa Tenggara Barat, yang semestinya dimulai sejak Senin (4/7/2017), urung digelar.

Itu berawal hanya lantaran para pemain tidak mendapatkan tiket penerbangan.