Indonesia Vs Filipina - Luar Biasa, Kemenangan Indonesia Ulang Memori Indah 49 Tahun Lalu Tepat di Hari Kemerdekaan

By Metta Rahma Melati - Kamis, 17 Agustus 2017 | 23:04 WIB
Para pemain timnas Indonesia merayakan kemenangan atas Filipina di depan tribune suporter asal Tanah Air yang memberi dukungan langsung di Stadion Shah Alam, Kamis (17/8/2017). (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLASPORT)

Kejayaan Timnas Indonesia 49 Tahun yang terulang tepat di Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia. Tanggal 17 Agustus 1968 timnas berhasil mengalahkan Korea Selatan dengan skor 4-2 di ajang Merdeka Tournament.

Memori indah itu terulang pada tanggal 17 Agustus 2017, timnas Indonesia berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 3-0 di Stadion Shah Alam, Selangor Malaysia.

Dengan gol yang dicetak Septian David Maulana pada menit ke-6, Hargianto mencetak gol kedua pada menit ke-45, dan Saddil Ramdani mencetak gol ketiga.

Dilansir dari instagram @timnasindonesiamedia inilah catatan kiprah timnas Indonesia pada tahun 1968 di Merdeka Tournamnent.

Timnas Indonesia pada tahun 1968 berada di Grup A yang bersaing dengan Korea Selatan, Australia, Jepang, Taiwan, dan Singapura.

Bahkan, Indonesia berhasil menjadi juara grup setelah mengandaskan Jepang dengan pesta gol 7-0.

Singapura dibantai dengan skor 4-0, dan menghancurkan Taiwan dengan skor 10-1.

Striker legendaris, Sucipto Suntoro, mencetak lima gol saat hadapi Taiwan.

Namun, timnas sempat kalah sengan skor tipis 4-5 lawan Australia.

Peforma apik timnas Indonesia kala itu harus terhenti di semifinal setelah kalah dari Myanmar (dulu Burma) dengan skor tipis 1-2.

Di perebutan tempat ketiga timnas Indonesia kurang beruntung karena harus kembali kalah dari Australia dengan skor 1-3.