Indonesia Vs Kamboja - Ini Alasan Luis Milla Turunkan Ryuji Utomo

By Mochamad Hary Prasetya - Kamis, 24 Agustus 2017 | 20:35 WIB
Aksi bek Persija, Ryuji Utomo, pada sesi seleksi Indonesia U-22 tahap ketiga di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH), Karawaci, Tangerang, Banten, Kamis (9/3/2017). (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET)

Pelatih timnas U-22 Indonesia, Luis Milla, memberikan alasannya menurunkan Ryuji Utomo dalam laga melawan Kamboja di pertandingan terakhir Grup B SEA Games 2017 yang berlangsung di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, Kamis (24/8/2017).

Juru taktik asal Spanyol itu mengatakan Ryuji diturunkan karena saat itu posisi Timnas U-22 sudah unggul atas Kamboja.

Ryuji menggantikan Septian David Maulana pada menit ke-82. Saat itu, Indonesia telah unggul atas Kamboja dengan skor 2-0.

Masuknya Ryuji juga membuat skuad Garuda Muda menerapkan formasi 3-5-2 dengan tiga pemain bek tengah di posisi belakang.

"Alasan saya karena Ryuji merupakan bagian dari tim dan kami tadi sudah menang. Lalu saya memberikan kesempatan dia untuk bermain," kata Milla selepas pertandingan.

Bagi Ryuji itu menjadi pertandingan pertamanya di SEA Games 2017 bersama tim Merah Putih.

Sebelumnya bek asal klub Persija Jakarta itu tidak pernah diturunkan oleh Milla saat pertandingan melawan Thailand, Filipina, Timor Leste, dan Vietnam.

Disinyalir Ryuji tidak diturunkan karena Milla merasa puas dengan permainan Hansamu Yama dan Ricky Fajrin di posisi bek tengah.

Selama di Grup B, timnas U-22 hanya kemasukan satu gol saat bermain imbang 1-1 dengan Thailand.