Buntut Serangan di Piala AFF U-19, Ratu Tisha Jawab Permintaan Malaysia untuk Asian Games 2018

By Metta Rahma Melati - Kamis, 26 Juli 2018 | 08:29 WIB
Sekjen PSSI Ratu Tisha saat wawancara khusus dengan BolaSport.com dan Tabloid BOLA di Jakarta, Sabtu (7/4/2018). (WESHLEY HUTAGALUNG/BOLASPORT.COM)

Buntut serangan suporter terhadap timnas U-19 Malaysia di Piala AFF U-19 2018 membuat Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) meminta jaminan keamanan ke PSSI saat Asian Games 2018.

BolaSport.com melansir dari Berita Harian, wakil ketua FAM, Datuk Mohd Yusoff Mahadi meminta PSSI untuk memberi keamanan terbaik untuk timnas U-23 Malaysia.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha pun mengatakan PSSI akan menjamin keamanan maksimum bagi timnas U-23 Malaysia dan negara lainnya.

"Banyak sejarah (insiden suporter) terkait dengan tim sepak bola Indonesia dan Malaysia, kami akan melindungi pemain 100 persen," kata Ratu Tisha.

"Di Piala AFF 2010, kami memberikan kontrol ketat yang melibatkan polisi dan militer, jadi kami akan melakukan hal yang sama di Asian Games nanti," ujarnya.

(Baca Juga: Karena Cuaca, Pelatih Korea Selatan Keluhkan Hasil Drawing Ulang Asian Games 2018)


"Kami akan melihat berbagai sudut untuk memastikan keamanan terbaik," ujar Ratu Tisha.

Selain itu, Ratu Tisha juga mengakui sulit bagi pihaknya untuk mengendalikan pendukung emosional yang telah lama rindu prestasi sepak bola di Indonesia.

"Ini bukan hanya tentang Indonesia dan Malaysia saja, Indonesia sempat mengalami konflik berkepanjangan di sepak bola termasuk sanksi FIFA," ujar Ratu Tisha.

"Meskipun hanya pemain muda, mereka (suporter) sangat haus kemenangan, dan itu tidak hanya ketika menghadapi Malaysia," katanya.