Sepak Bola Asian Games 2018 - Kondisi Babak Pertama, Indonesia Masih Lolos!

By Dwi Widijatmiko - Senin, 20 Agustus 2018 | 20:10 WIB
Para pemain timnas U-23 Indonesia (baju merah) saat berhadapan dengan Hong Kong pada pertadingan Grup A Asian Games 2018 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, pada Senin (20/8/2018). (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLASPORT.COM)

Timnas U-23 Indonesia tertinggal 0-1 dari Hong Kong pada babak pertama pertandingan terakhir Grup A cabang sepak bola Asian Games 2018, Senin (20/8/2018) di Stadion Patriot, Bekasi.

Akan tetapi, kendati sedang tertinggal, Indonesia tetap dalam posisi lolos ke babak 16 besar jika melihat hasil-hasil pertandingan di grup lain pada saat yang sama.

Malaysia sedang tertinggal 1-2 dari Bahrain, sedangkan Korea Selatan bermain imbang 0-0 dengan Kirgistan di Grup E.

Dalam pertandingan yang berlangsung sebelumnya, Iran dikalahkan Myanmar 0-2 dan Korea Utara mengalahkan Arab Saudi 3-0 di Grup F.

Hasil-hasil ini membuat Indonesia masih dalam posisi lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu dari 4 tim peringkat tiga terbaik.

(Baca juga: China dan Suriah Wakil Langsung dari Grup C pada 16 Besar Sepak Bola Asian Games 2018)

Tim Merah Putih di Grup A mengoleksi 3 poin, sedangkan peringkat tiga lainnya adalah Thailand (Grup B, 2 poin, sudah dipastikan tersingkir), Uni Emirat Arab (C, 3 poin), Pakistan (D, 3 poin), Bahrain (E, 4 poin, pertandingan belum berakhir), dan Arab Saudi (F, 4 poin, pertandingan sudah selesai).

Jadi, 4 tim peringkat tiga terbaik yang "lolos" saat pertandingan Grup A dan E baru menyelesaikan babak pertama adalah Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Indonesia.

Indonesia unggul dari Pakistan karena selisih golnya (+2) jauh lebih baik daripada rivalnya itu (-6).