Tes Pramusim MotoGP 2018 - Soal Kekurangan Yamaha M1, Johann Zarco Tidak Yakin Sependapat dengan Valentino Rossi dan Maverick Vinales

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Kamis, 16 November 2017 | 05:59 WIB
Johann Zarco setelah balapan dalam seri MotoGP San Marino, Minggu (10/9/2017). (TECH 3 RACING)

Johann Zarco mendapatkan kesan yang cukup bagus setelah menjajal motor Yamaha M1 2017 yang biasa digunakan Valentino Rossi dan Maverick Vinales pada tes pramusim MotoGP, Rabu (15/11/2017).

Seperti diketahui, berstatus pebalap tim satelit Yamaha membuat Johann Zarco mendapat motor yang spesifikasinya setahun lebih lama dibanding motor yang digunakan tim pabrikan.

Setelah sebelumnya sempat melakukan tes dengan motor lama, Zarco merasa kalau motor barunya ini tidak terlalu menguras tenaganya.

"Saat ini kami bukannya super cepat tapi menghabiskan lebih sedikit tenaga adalah hal penting yang harus kami pertahankan," tutur Zarco seperti dikutip BolaSport.com dari Crash.

Zarco menambahkan dirinya masih belum mengeluarkan seluruh potensi motor barunya tersebut walaupun mampu menyamai catatan waktu kala menggunakan motor lamanya.

(Baca Juga: Ini Harapan Digelarnya Kompetisi Basket Putri Srikandi Indonesia)

Pebalap Prancis tersebut membukukan waktu terbaiknya 1 menit 30,389 detik atau mendekati catatan waktunya kala masih menggunakan motor lamanya.

Ia juga mengonfirmasi kelemahan Yamaha M1 2017 pada daya cengkeram di bagian belakang motor, sesuatu yang menjadi keluhan Rossi dan Vinales sepanjang musim 2017.

"Bagi saya, itu bukan karena masalah chassisnya tapi masalah setelan. Ketika kami menemukan keseimbangan bagus untuknya, motornya akan sangat kompetitif," imbuh Johann Zarco.

Musim lalu, Rossi dan Vinales memang dibuat frustasi dengan masalah tersebut terlebih saat tampil pada balapan yang berlangsung di trek basah.

Pada balapan terakhir, mereka bahkan mengubah chassis mereka dengan yang biasa digunakan Zarco untuk mengetahui titik masalah yang sebenarnya.

 

A post shared by BolaSport.com (@bolasportcom) on