Kompetitif! Ada 10 Pebalap Berbeda yang Mampu Naik Podium MotoGP 2017

By Samsul Ngarifin - Sabtu, 18 November 2017 | 06:31 WIB
Para pengisi podium GP Valencia (dari kiri ke kanan), Johann Zarco (Yamaha Tech3), Dani Pedrosa (Repsol Honda), dan Marc Marquez (Repsol Honda), berpose seusai menyelesaikan balapan terakhir musim balap MotoGP tahun ini di Sirkuit Ricardo Tormo, Cheste, Valencia, Minggu (12/11/2017). (PIERRE-PHILIPPE MARCOU/ AFP PHOTO)

Gelaran MotoGP 2017 telah berakhir dengan seri pamungkas yaitu balapan MotoGP Valencia, Minggu (12/11/2017).

Marc Marquez berhasil menjadi juara dunia MotoGP tahun 2017 mengalahkan pebalap tim Ducati, Andrea Dovizioso.

Sedangkan di kejuaraan konstruktor, Honda berhasil menyabet gelar juara mengungguli Yamaha dan Ducati yang menyusul di belakangnya.

Musim ini ternyata tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya dalam hal para pebalap yang berhasil naik podium.

(Baca juga: Kecil Kemungkinan Ducati Gaet Marc Marquez)

Pada gelaran MotoGP musim 2016, ada 10 pebalap MotoGP yang berhasil merasakan naik podium.

Marc Marquez, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, Dani Pedrosa, Cal Crutchlow, Andrea Iannone, Scott Redding, dan Jack Miller, adalah pebalap yang berhasil naik podium.

Sedangkan tahun ini hanya minus Andrea Iannone, Scott Redding dan Jack Miller saja, namun diganti dengan dua pebalap tim Yamaha Tech 3, Johann Zarco dan Jonas Folger, serta Danilo Petrucci (OCTO Pramac).

Musim ini kemenangan terbanyak menjadi milik dua pebalap yang bersaing sengit di kejuaraan, yakni Marc Marquez dan Andrea Dovizioso dengan raihan enam kemenangan.