Marc Marquez Berkelit Jika Gaya Balapnya Bukan Penyebab Dirinya Banyak Terjatuh

By Samsul Ngarifin - Selasa, 21 November 2017 | 14:12 WIB
Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez, sedang mendorong motornya setelah terjatuh pada sesi kualifikasi GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Sabtu (28/10/2017). (MOHD RASFAN/AFP)

Musim ini Marc Marquez memecahkan rekornya sendiri dalam hal jumlah terjatuh dalam satu musim MotoGP.

Pebalap tim Repsol Honda itu tercatat mengalami crash sebanyak 27 kali, baik saat sesi latihan bebas ataupun balapan.

Marc Marquez hanya kalah dari pebalap tim Aprilia, Sam Lowes, yang dalam satu musim ini terjatuh sebanyak 31 kali.

Meski memiliki angka terjatuh yang banyak, nyatanya Marc Marquez jarang mengalami cedera yang bisa membuatnya absen dalam balapan.

Pebalap kelahiran Cervera itu berkelit jika dirinya terjatuh bukan karena gaya balapnya yang agresif.

(Baca juga: Pebalap Ini Sebut Marc Marquez Tak Akan Bisa Menggeser Valentino Rossi)

 

Marc Marquez terjatuh dalam latihan bebas kedua (FP2) di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Jumat (10/11/2017).(TWITTER.COM/MOTOGP)

"27 kali terjatuh pasti ada penyebabnya. Insiden-insiden ini terjadi bukan karena gaya balap saya, tapi juga karena saya harus mencari batasan," kata Marc Marquez seperti dikutip Bolasportcom dari MotoGP, Selasa (21/11/2017).

Marc Marquez memang terkenal sebagai pebalap yang akan tampil maksimal saat sesi latihan bebas, sehingga bisa mencara sejauh mana batasan motornya.

Terbukti, dirinya jarang sekali terjatuh saat balapan. Sepanjang musim 2017, Marc Marquez hanya dua kali terjatuh saat balapan (MotoGP Argentina dan Prancis).

"Ada beberapa kecelakaan yang justru membantu saya finis saat balapan, karena jika saya terjatuh saat latihan, saya tahu di tikungan mana saya harus berhati-hati," ujar Marquez.