Momen Overtake Rossi kepada Stoner di Laguna Seca Terulang pada World Superbike

By Samsul Ngarifin - Senin, 25 Juni 2018 | 14:09 WIB
Valentino Rossi meng-overtake Casey Stoner di tikungan corkscrew Sirkuit Laguna Seca, AS, pada tahun 2013. (DOK. RED BULL)

Pebalap tim Kawasaki Racing, Jonathan Rea, berhasil memenangkan race 1 World Superbike (WSBK) seri Amerika Serikat, Minggu (24/6/2018) dini hari WIB.

Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Laguna Seca tersebut, Jonathan Rea bertarung sengit dengan pebalap tim Ducati, Chaz Davies, sebelum akhirnya memenangi lomba.

Salah satu duel menawan yang terjadi di antara kedua pebalap ialah ketika Rea berhasil melakukan overtake alias aksi salip atas Davies di tikungan corkscrew (8, 8a) pada lap keenam.

Aksi yang terjadi di tikungan yang dianggap sulit dan berbahaya oleh para pebalap itu pada akhirnya menjadi momentum awal kemenangan Rea.

(Baca Juga: Latihan Motocross, Andrea Dovizioso Bisa Tenggelam Seperti Ini)

Momen overtake yang dilakukan Jonathan Rea kepada Chaz Davies kembali mengingatkan penikmat balap motor ke duel antara Valentino Rossi dan Casey Stoner di Laguna Seca pada balapan MotoGP 2008.

Selain dengan Stoner, Rossi juga pernah bertarung di tikungan tersebut dengan Marc Marquez pada tahun 2013.


Marc Marquez meng-overtake Valentino Rossi di tikungan corkscrew Sirkuit Laguna Seca, AS, pada tahun 2013.(DOK. RED BULL)

Namun, berbeda dengan momen MotoGP 2008 ketika Rossi berhasil melakukan overtake atas Stoner, pada tahun 2013 justru Rossi yang menjadi korban overtake Marquez.

Saat ini, Sirkuit Laguna Seca sudah tidak masuk kalender MotoGP lagi.

Sejak tahun 2014, seri balap MotoGP Amerika Serikat dipindahkan ke Circuit of the Americas, Austin, Texas.