Sudah Tidak Ikut Balapan, Sebastian Vettel Dapat Teguran

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Minggu, 8 Oktober 2017 | 20:26 WIB
Sebastian Vettel saat jumpa pers jelang GP Italia, Kamis (31/8/2017). (TWITTER.COM/F1)

Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, menerima teguran dari race steward karena tidak hadir saat lagu kebangsaan Negeri Matahari Terbit dikumandangkan beberapa menit sebelum balapan GP Jepang berlangsung di Sirkuit Suzuka, Minggu (8/10/2017).

Berdasarkan regulasi untuk musim 2017, disebutkan jika 14 menit sebelum formation lap setiap pebalap harus hadir di depan garis start saat lagu nasional negara penyelenggara diputar.

Vettel yang mengalami masalah dengan mobilnya baru bergabung dengan para pebalap lainnya di tengah sesi tersebut berlangsung.

Akibatnya, pebalap asal Jerman tersebut mendapat teguran untuk kasus pelanggaran di luar balapan (non-driving).

Sebelumnya, Sebastian Vettel mendapat teguran ketika melewati garis pembatas di jalur keluar pitlane saat sesi kualifikasi GP Monaco.

(Baca Juga:Boss UFC: Pertarungan Antara Conor McGregor Melawan Nate Diaz adalah Omong Kosong)

Andai Vettel kembali mendapat teguran karena melakukan pelanggaran saat balapan, dia akan mendapat hukuman turun 10 posisi di balapan tersebut atau sesudahnya.

Setiap pebalap F1 yang menerima teguran sebanyak tiga kali akan mendapat penalti 10 posisi. Kondisi tersebut berlaku pebalap tersebut melakukan dua dari tiga pelanggaran dalam balapan.

Sebastian Vettel sendiri pada akhirnya harus keluar dari balapan lebih awal karena mengalami gagal mesin di lap keempat.

Vettel kini tertinggal 59 poin dari Lewis Hamilton (Mercedes) yang menjadi klasemen pebalap sementara F1.