Lewis Hamilton Menolak Mengomentari Tuduhan Penghindaran Pajak dan Ingin Fokus Memenangi Balapan F1 GP Brasil

By Susi Lestari - Jumat, 10 November 2017 | 21:21 WIB
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, menghadiri konferensi pers jelang GP Meksiko di Mexico City, Rabu (25/10/2017). (ALFREDO ESTRELLA / AFP PHOTO)

Juara Formula 1 tahun 2007, Lewis Hamilton, diklaim tersandung masalah pajak.

Pebalap Inggris berusia 32 tahun tersebut dituduh menghidari membayar pajak dari penyewaan jet.

Hamilton mengatakan menyewa jet untuk urusan bisnis, bukan untuk perjalanan pribadi sehingga mendapat uang pengembalian sebesar 3,3 juta poundsterling atau sekitar 58,9 miliar rupiah.

Terkait dengan tuduhan tersebut, Hamilton menolak untuk berkomentar dan mengatakan bahwa dia hanya ingin fokus untuk memenangi balapan GP Brasil yang akan digelar Minggu (12/11/2017).

(Baca Juga:Peter Gade Mengundurkan Diri Sebagai Pelatih Bulu Tangkis Nasional Prancis karena Alasan Ini)

Secara kronologis, Hamilton yang telah memenangi gelar juara dunia keempat Formula 1 di Meksiko, diduga telah menghindari membayar jet pribadi senilai 16,5 juta poundsterling yang diimpornya ke Isle of Man.


Lewis Hamilton berpose di atas pesawat jet pribadi berjenis Bombardier Challenger 605 seharga 16 juta poundsterling.(THESUN.CO.UK)

Dikutip BolaSport.com dari Sky, ada sebuah dokumen yang bocor menunjukkan Hamilton telah mengklaim jet untuk keperluan bisnis, sehingga dia diberi uang pengembalian.

Namun, tanpa diduga Hamilton menggunakan pesawat jenis Bombardier Challenger 605 untuk perjalanan pribadi.

Sebelum tersandung kasus menghindari pajak, nama Hamilton juga disebut-sebut dalam Paradise Papers.