FIA Beri Bantuan ke Mantan Tim Rio Haryanto yang Mengalami Kebangkrutan

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Selasa, 21 November 2017 | 21:40 WIB
Pebalap Manor Racing, Rio Haryanto (depan, Indonesia) dan Pascal Wehrlein (Jerman), memacu mobil mreka pada balapan GP Hongaria di Hungaroring, Minggu (24/7/2016). (MANOR GRAND PRIX RACING LTD)

FIA telah mengembalikan biaya pendaftaran tim yang pernah dibela Rio Haryanto, Manor Racing pada kejuaraan F1 musim 2017.

Manor Racing sendiri telah dinyatakan bangkrut pada awal tahun 2017 setelah gagal menggaet investor untuk kembali berkompetisi di ajang F1.

Tim yang berada di bawah naungan perusahaan Just Racing Company itu akhirnya menutup penampilan mereka di F1 yang berlangsung selama tujuh musim.

Manor pun telah melego beberapa aset mereka pada bulan Maret lalu demi mendapat dana tambahan.

Berdasarkan regulasi FIA, Manor akan mendapat 516.128 dollar AS sebagai ganti biaya partisipasi ditambah 5.161 dollar sebagai hadiah atas poin yang dibukukan Pascal Wehlrein di musim sebelumnya.

(Baca Juga: Sean Gelael Resmi Dikontrak Prema untuk Musim F2 2018)

Itu berarti Manor akan menerima tambahan dana sekitar 7 miliar rupiah dari FIA di mana nantinya jumlah tersebut akan dikurangi untuk mengganti biaya administrasi.

Pada hari Senin (20/11/2017), FIA telah mengumumkan kalau dana bantuan tersebut telah diserahkan kepada tim yang bermarkas di Banbury itu.

"Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) telah mengembalikan biaya masuk yang dibayarkan oleh Manor Grand Prix Racing Limited pada bulan November 2016 untuk dapat berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA 2017," tulis FIA dalam pernyataan resminya.

"FIA memutuskan untuk mengembalikan biaya masuk, dikurangi biaya administrasi yang dikeluarkan oleh Federasi sebagai bagian dari proses masuk."

 

A post shared by BolaSport.com (@bolasportcom) on