Daniel Ricciardo: Kemampuan Lewis Hamilton Biasa Saja, yang Hebat Itu...

By Susi Lestari - Minggu, 3 Desember 2017 | 12:40 WIB
Pebalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo, sedang bersiap di pit sebelum menjalani sesi kualifikasi GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Sabtu (8/10/2016). (TOSHIFUMI KITAMURA/AFP)

Menurut pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo, Lewis Hamilton tidak akan memenangkan gelar juara dunia di Formula 1 jika dia membela tim papan tengah.

Pada musim ini, Hamilton berhasil meraih gelar juara dunia keempatnya.

Akan tetapi, prestasi yang ditorehkan Hamilton tersebut dianggap Ricciardo sebagai sesuatu yang wajar.

Ricciardo bahkan mengklaim keberhasilan pebalap Inggris tersebut karena dia memiliki salah satu mobil terbaik setiap musim sejak bergabung dengan Mercedes pada 2013 silam.

(Baca Juga: Peringkat Bulu Tangkis Dunia - Kenaikan Posisi Greysia Polii/Apriyani Rahayu Pecahkan Rekor, Ini Buktinya)

"Lewis telah memenangkan tiga dari empat Kejuaraan terakhir. Tetapi, jika dia berada di tim lina tengah, dia sulit mendapatkan itu," kata Ricciardo dikutip BolaSport.com dari Express.

"Mobil adalah alasan utama yang memberikan pengaruh besar kepada kemenangan Lewis. Meski begitu mobil yang bagus tentu saja membutuhkan pebalap yang hebat," tambah Ricciardo.

Bagi Ricciardo sendiri, komposisi mobil dengan pebalap dapat terbagi menjadi 75% dan 25%.

"Rasio tersebut membuat performa mobil jauh lebih dominan dibandingkan pelabap," ujar rekan satu tim Max Verstappen tersebut.

Melihat rasio yang dibuatnya, Ricciardo berharap suatu saat perbandingan tersebut bisa berkurang.

"Saya pikir 50:50 akan menjadi sesuatu yang lebih realistis. Semoga itu bisa terjadi dalam waktu dekat," sambung Ricciardo.