Pengusaha Rusia Gagal Buat Robert Cubica Comeback ke Formula 1

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Selasa, 12 Desember 2017 | 08:18 WIB
Robert Kubica berbicara dengan kru tim Williams saat tes ban Pirelli yang berlangsung di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Selasa (28/11/2017) (DOK. WILLIAMS RACING)

Setelah sebelumnya nama Robert Kubica menjadi calon terkuat pebalap baru tim Williams kini arah pengambilan keputusan diperkirakan akan kembali berubah.

Calon pebalap lain, Sergey Sirotkin dikabarkan kini telah menggeser posisi Kubica dari peringkat teratas kandidat pengganti Felipe Massa di tim tersebut.

Bukan hanya soal performa yang ditampilkan sang pebalap saat tes yang berlangsung di Sirkuit Yas Marina, Rabu (29/11/2017), melainkan karena adanya dukungan dari salah satu pengusaha lokal.

Seperti dilansir BolaSport.com dari F1i, sebuah perusahaan finansial asal Rusia, SMP, yang dimiliki oleh Boris dan Arkardy Rotenberg siap menggelontorkan dana sebesar 15 juta dollar Amerika demi posisi Sirotkin di tim asal Inggris tersebut.

(Baca Juga: Nama Maskot Asian Para Games 2018 Diubah)

Andai kesepakatan dengan Sirotkin mengalami kebuntuan maka nama pebalap asal Rusia lainnya, Daniil Kvyat akan menjadi calon potensial lainnya.

Sirotkin sendiri sebelumnya hanya menjadi pebalap penguji tim Renault dan belum pernah mencatat satu pun penampilan di ajang F1.

Sedangkan Kvyat merupakan pebalap didikan Red Bull, yang sayangnya terdepak dari tim yang telah membesarkan namanya akibat rentetan hasil buruk di dua musim terakhir.

Robert Kubica kini terancam gagal untuk melakukan comeback di ajang F1 setelah tujuh musim absen akibat cedera parah di bagian tangan kanannya.

Williams dikabarkan akan mengumumkan line-up utama mereka di kejuaraan F1 musim depan pada akhir Desember nanti.