Sebastian Vettel Tidak Seharusnya Melupakan Masalah yang Membuatnya Gagal Menjuarai F1

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Sabtu, 30 Desember 2017 | 05:43 WIB
Pebalap Ferrari dari Jerman, Sebastian Vettel, terlihat berada di area paddock menjelang GP Malaysia di Sirkuit Sepang Internasional, Kamis (28/9/2017). (MANAN VATSYAYANA/AFP PHOTO)

Sebastian Vettel hampir saja merengkuh gelar kelimanya di ajang Formula 1 (F1) andai saja tidak digagalkan hasil buruk tur panjang di benua Asia.

Sempat berada di puncak klasemen pada jeda musim panas, Vettel justru terus diungguli oleh rivalnya, Lewis Hamilton (Mercedes).

Ditambah dengan bencana di GP Singapura dan masalah mesin di dua seri berikutnya memberikan pukulan telak bagi pebalap Ferrari itu.

Pada akhir musim Vettel harus puas hanya menjadi runner-up setelah tertinggal 46 poin dari Hamilton yang mengoleksi 363 poin.

Di sisi lain, Lewis Hamilton percaya kalau saingannya itu akan mengambil pelajaran dari kegagalannya musim lalu.

(Baca Juga: Para Pemain India: Pelatih Indonesia Memberikan Kemajuan Besar untuk Bulu Tangkis Kami)

"Dia (Vettel) seharusnya tidak menghindar dari hal itu, dia akan belajar dari pengalaman, seperti yang kita semua lakukan," kata Hamilton dikutip BolaSport.com dari F1i.

"Saya juga pernah mengalami tahun-tahun sulit seperti itu. Dia juga telah bertahun-tahun memiliki tahun-tahun hebat seperti yang saya alami tahun ini," imbuhnya.

Hamilton pun berharap agar rivalnya akan bangkit pada musim depan dan memberikan perlawanan yang lebih ketat.