Sirkuit Spa-Francorchamps Perpanjang Kontrak sebagai Tuan Rumah Formula 1 hingga 2021

By Delia Mustikasari - Selasa, 19 Juni 2018 | 15:33 WIB
Pebalap Ferrari asal Finlandia, Kimi Raikkonen, memacu mobil pada latihan ketiga GP Belgia yang berlangsung di Sirkuit Spa-Franchorchamps, Sabtu (26/8/2017). (EMMANUEL DUNAND/AFP PHOTO)

Sirkuit Spa-Francorchamps memperpanjang kontrak dengan Liberty Media selaku penyelenggara balapan Formula 1 sebagai tuan rumah GP Belgia hingga musim 2021.

Sebelumnya, masa depan GP Belgia yang tahun ini memasuki tahun terakhir kontrak masa depannya dipertanyakan karena kondisi keuangan.

Namun, Liberty Media berjanji untuk melindungi tempat bersejarah Formula 1 tersebut setelah mengambil alih kepemilikan kembali pada 2017.

Surat kabar Belgia, L'Echo melaporkan bahwa pemerintah daerah Wallonia telah menandatangani perpanjangan tiga tahun dengan Liberty Media.

Panitia mengharapkan seri balap GP Belgia pada 24-26 Agustus mendatang berlangsung dengan sehat dibantu oleh figur pebalap Red Bull Racing Belanda-Belgia, Max Verstappen.

"Ini adalah kesepakatan bagus yang memastikan bahwa wilayah Wallonia mempertahankan event yang berkontribusi kepada promosi wilayah di panggung dunia," kata Wakil presiden Wallonia dan Menteri Ekonomi Pierre-Yves Jeholet kepada L'Echo seperti dilansir BolaSport.com dari Autoweek.

(Baca juga: Lee Chong Wei Bicara soal Calon Penggantinya)

"Ini juga era baru karena ini pertama kalinya kami bernegosiasi dengan Direktur Liberty Media," ujar Jeholet.

Jeholet menjelaskan bahwa pendapatan ekonomi wilayah Wallonia mencapai 20,5 juta Euro (sekitar Rp 331 miliar) pada 2017. Jumlah ini meningkat sebesar 21 persen dari 2016.

Sirkuit Spa-Francorchamps merupakan yang terpanjang dalam kalender balapan F2 dan F1 karena terdapat 19 tikungan dan sebagian besar merupakan tikungan cepat.

Para pebalap punya banyak kesempatan untuk melakukan overtake atau menyalip pesaing mereka di sirkuit ini.

Salah satu bagian paling menantang di sirkuit ini adalah Eau Rouge yang harus dihadapi para pebalap setelah melewati tikungan 1 (La Source hairpin).