Meski Sudah Ditegur FIA, Ferrari Tidak Kehabisan Akal untuk Cegah Tim Rival Mengintip Lewat Kamera Mobil

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Jumat, 14 September 2018 | 15:03 WIB
Sebastian Vettel merayakan podium GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (8/7/2018). ( DOK. FERRARI )

Polemik mengenai keberadaan penutup kamera di tim Ferrari masih berlanjut. Teguran dari Federasi Otomotif Internasional (FIA) justru tidak membuat tim kuda jingkrak kehilangan akal.

Ferrari dalam beberapa balapan terakhir menarik perhatian, sekaligus keluhan, lantaran memasang kantong pendingin di atas kamera mobil saat berada di garasi maupun di grid.

Ferrari beralasan bahwa kantong pendingin itu digunakan untuk menjaga komponen elektronik pada kamera tetap dingin. Namun, bagi tim lain hal tersebut bisa menjadi sebuah kerugian.

Pasalnya setiap tim F1 punya akses untuk melihat tayangan kamera mobil dari tim lainnya. Seluruh kompetitor pun kini kehilangan keuntungan untuk mengintip trik-trik yang digunakan Ferrari pada pengaturan setir atau mobil mereka.

FIA sebenarnya sudah meminta Ferrari untuk tidak menaruh kantong pendingin di atas kamera menyusul keluhan dari FOM (badan yang mengatur penyiaran F1). Namun demikian, Ferrari tidak kehabisan akal.

Saat seri balap GP Italia di Sirkuit Monza, kru Ferrari memasang payung di atas kokpit yang diyakini juga bertujuan untuk menghalangi pandangan kamera.

Seperti dikutip BolaSport.com dari Motorsport, Ferrari juga terindikasi menggunakan cara baru untuk menghalangi kamera mobil saat seri balap GP Singapura ini akhir pekan ini.

(Baca Juga: 8 Tahun Kutukan Posisi Start Terdepan Sirkuit Misano, Jorge Lorenzo Paling Apes hingga Dani Pedrosa Gagal Juara)

Ferrari terlihat membawa perangkat semacam pendingin girboks dengan bentuk sedemikian rupa untuk menghalangi pandangan kamera ketika dipasang nanti.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BolaSport.com (@bolasportcom) on