Ada Cita-cita Apa di Balik INDURO 2017?

By Lariza Oky Adisty - Jumat, 11 Agustus 2017 | 18:46 WIB
Direktur INDURO, AT Wiryawan. (BOLASPORT.COM/LARIZA OKY ADISTY)

Seri keempat INDURO 2017 akan berlangsung di KTH Bike Park, Puncak, Bogor, 26-27 Agustus 2017 mendatang. Namun, komunitas INDURO yang menggagas lomba sepeda gunung ini punya cita-cita lebih tinggi.

Menurut AT Wiryawan, Direktur INDURO, mereka ingin menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah salah satu Seri Kejuaraan Enduro Dunia di Indonesia.

"Kami sedang berusaha membangun portofolio untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Seri Enduro Dunia. Targetnya, pada 2018, Indonesia bisa menjadi tuan rumah kualifikasi dan tahun 2019 jadi tuan rumah lomba," ujar Wiryawan di Jakarta, Jumat (11/8/2017).

BACA JUGA: Dembele Dapat Skors Setelah Bolos Latihan

Karena itulah, INDURO 2017 berusaha memenuhi sejumlah syarat yang diperlukan untuk kelayakan sebagai tuan rumah.

"Syarat yang harus dipenuhi misalnya, ada lintasan yang memiliki panjang sekian kilometer. Kita coba cari titik lintasan yang panjangnya sesuai," ujarnya.

Selanjutnya, INDURO juga memenuhi syarat lain, seperti mengadakan ajang yang berlangsung beberapa hari (multiday event), serta punya sistem timing yang memadai.

Dalam hal ini, Enduro World Series menggunakan sistem pencatatan waktu Sport Ident, yang juga digunakan di INDURO 2017.

Target menjadi tuan rumah seri dunia, INDURO 2017 juga berambisi mengenalkan balap sepeda gunung ke masyarakat yang lebih luas.

"Kami ingin memunculkan potensi lokal dari lomba ini. Kalau bisa, pemenang dari seri INDURO 2017 bisa diberangkatkan ke lomba level Asia mewakili Indonesia,"" tutur Wiryawan.