Ini Kunci Memilih Sepatu Lari

By Anggun Pratama - Kamis, 22 Februari 2018 | 21:06 WIB
Atlet lari gawang Indonesia, Emilia Nova, dalam peluncuran sepatu Nike Epic React Flyknit di Planet Sports Grand Indonesia, Jakarta, pada Kamis (22/2/2018). (DOK. NIKE INDONESIA)

 Bingung mencari sepatu lari? Maklum, menggunakan sepatu buat berlari memang tak sesederhana terlihat bagus atau berharga mahal. Ada beberapa faktor yang wajib jadi pertimbangan.

Bagi atlet triatlon nasional, Jauhari Johan, dan atlet lari gawang Emilia Nova, kestabilan dan kenyamanan menjadi hal penting.

"Kestabilan ini sangat penting karena membantu pelari agar tidak cedera. Ketika kaki mulai lelah berlari, sepatu yang stabil turut membantu performa," kata Jauhari Johan dalam acara peluncuran sepatu Nike Epic React Flyknit di Planet Sports Grand Indonesia, Kamis (22/2/2018).

Hal senada juga dikatakan oleh Emilia Nova yang akrab dipanggil Emil. "Tanpa kestabilan yang menunjang, potensi cedera membesar, terutama untuk lari jarak jauh," ucap cewek berusia 22 tahun itu di acara yang sama.

(Baca Juga: Sulit Geser Super Simic, Addison Alves Siap Jadi Striker Palsu Persija)

Sepatu yang menjanjikan kestabilan itu muncul dalam sosok Nike Epic React Flyknit.

"Saya sudah mencoba sepatu ini buat long run sejauh 18 kilometer. Tak ada keluhan. Selain stabil, sepatu ini ternyata sangat nyaman. Bila dibanding produk Nike terdahulu, Epic React, menurut saya adalah yang terbaik," ujar Jauhari Johan lagi.

"Sepatu ini terasa membalut kaki secara kokoh, tetapi sangat nyaman. Jadi, tak perlu mengikat tali sepatu terlalu kencang," kata Emil menambahkan.

Kestabilan ini tentu bergantung pula dengan jenis kaki pemakai, entah memiliki lengkung tapak kaki yang tinggi (high arc) atau tapak normal.

Prizka Rahmanisa, Product Specialist Nike, menjanjikan sepatu ini cocok untuk segala jenis kaki dan juga semua jenis pelari.

Nike Epic React Flyknit mulai tersedia di pasaran Jakarta per 22 Februari 2018. Sepatu ini dibanderol 2.279.000 rupiah.

 

A post shared by BolaSport.com (@bolasportcom) on