Kehilangan Ousmane Dembele dan Punya Pelatih Baru, Borussia Dortmund Justru Cetak Rekor dan Kuasai Liga Jerman

By Thoriq Az Zuhri Yunus - Minggu, 24 September 2017 | 10:02 WIB
Para pemain Borussia Dortmund merayakan kemenangan atas Hamburg SV pada partai Liga Jerman di Volksparkstadion, Rabu (20/9/2017). (ODD ANDERSEN/AFP)

Borussia Dortmund kembali meraih kemenangan saat menjamu Borussia Moenchengladbach pada pekan keenam Liga Jerman 2017-2018, Sabtu (23/9/2017).

Pada laga yang berakhir dengan skor 6-1 tersebut, gol Dortmund lahir dari dua sontekan Max Phillip (menit ke-28 dan 38), trigol Pierre-Emerick Aubameyang (45', 49', 62'), dan Julian Weigl (79') sedangkan satu gol balasan Gladbach lahir dari usaha Lars Stindl (66').

Dengan tambahan tiga poin dari laga ini, Dortmund saat ini masih memimpin klasemen sementara Liga Jerman dengan koleksi 16 poin dari enam laga awal, hasil dari lima kemenangan dan satu hasil imbang.

Klub yang identik dengan warna kuning ini juga punya catatan impresif dengan mencetak 19 gol dari enam laga serta hanya kebobolan satu kali.

Dalam sejarah keikutsertaan Dortmund di Liga Jerman, ini adalah hasil terbaik yang pernah mereka torehkan sepanjang sejarah.

Sebelumnya Dortmund tak pernah mengoleksi 16 poin dengan selisih gol mencapai angka +18 saat Liga Jerman berjalan enam pekan.

Walaupun setelah kehilangan bintangnya, Ousmane Dembele, yang dijual ke Barcelona dan kedatangan pelatih baru dalam diri Peter Bosz, Dortmund malah langsung tancap gas untuk menggulingkan kekuasaan Bayern Muenchen yang sudah bertahan beberapa musim di tanah Jerman.

Dortmund adalah tim terakhir selain Bayern yang mampu juara Liga Jerman, hal itu mereka catatkan pada musim 2011-2012.

Saat itu Dortmund asuhan Juergen Klopp memenangi Liga Jerman dengan 81 poin, unggul delapan poin dari Bayern yang ada di posisi kedua.