Pemain Liga China Ini Kalahkan Naby Keita dan Mohamed Salah sebagai Pesepak Bola Termahal Afrika

By Putra Rusdi Kurniawan - Jumat, 12 Januari 2018 | 00:15 WIB
Penyerang Villarreal, Cedric Bakambu, merayakan golnya usai membobol gawang Bayer Leverkusen di Liga Europa, Kamis (10/3/2016). (JOSE JORDAN / AFP)

Pemain yang kini memperkuat tim Liga China Beijing Gouan, Cedric Bakambu, berhasil menjadi pemain Afrika termahal di dunia.

Dilansir BolaSport.com dari Bleacher Report, Cedric Bakambu kini tercatat sebagai pemain Afrika termahal di dunia usai pindah ke Beijing Guoan dari Villarreal pada bursa transfer musim dingin.

Kubu Beijing Guoan total mengeluarkan dana sebesar 65 juta poundsterling untuk Bakambu setelah membayar klausul pelepasanya senilai 35 juta poundsterling ditambah membayar pajak sang pemain sebesar 30 juta poundsterling.

Keputusan pemain timnas Republik Demokratik Kongo ini untuk pindah ke Liga China cukup mengejutkan karena Bakambu juga diincar oleh beberapa klub asal Liga Inggris seperti West Ham United, Newcastle United dan Tottenham Hotspur.

(Baca Juga : Satu Lagi Bintang Liga Spanyol Akan Gabung ke Liga Super China)

Mantan pemain Bursaspor ini tercatat sebagai pemain termahal Afrika berdasar nilai transfer mengalahkan beberapa pemain di liga papan atas Eropa seperti Naby Keita dan Mohamed Salah.

Sebelum Bakambu, Naby Keita adalah pemain termahal Afrika usai sepakat pindah dari RB Leipzig ke Liverpool senilai 48 juta poundsterling.


Tampilan situs Sport.es yang memuat foto dan berita Naby Keita dengan kostum Liverpool, 28 Agustus 2017.(SPORT.ES)

Namun, meski sudah sepakat pada musim panas tahun lalu, Keita baru akan pindah ke Anfield pada musim depan.

Selain Keita, Bakambu juga mengalahkan nilai transfer top scorer Liverpool musim ini, Mohamed Salah.

Salah berada di urutan ketiga pemain Afrika termahal dunia saat ini setelah dirinya pindah dari AS Roma ke Liverpool awal musim ini dengan nilai transfer 36,9 juta poundsterling.