Seni Sentuhan Pertama dalam Sepak Bola Menurut Captain America Milik Dortmund

By Thoriq Az Zuhri Yunus - Minggu, 13 Mei 2018 | 13:18 WIB
Gelandang Borussia Dortmund, Christian Pulisic, merayakan gol yang dia cetak ke gawang Hoffenheim dalam laga Liga Jerman di Dortmund, Jerman, pada 16 Desember 2017. (GUIDO KIRCHNER/AFP)

Sentuhan pertama dalam permainan sepak bola adalah detail penting yang kadang terlupakan bagi penonton ataupun para pemain di lapangan.

Gelandang andalan Borussia Dortmund, Christian Pulisic, mengakui bahwa sentuhan pertama adalah sebuah hal mahapenting bagi sepak bola modern.

Pria asal Amerika Serikat itu mengakui bahwa ia harus meningkatkan kemampuan sentuhan pertamanya jika ingin menjadi pemain kelas dunia, baik secara individual atau untuk tim.

"Para pelatih mengajari saya tentang pentingnya sentuhan pertama yang positif," ujar Pulisic seperti dilansir BolaSport.com dari situs resmi Liga Jerman.

"Ini adalah tentang tahu ke mana saya mengambil sentuhan pertama, tak hanya menerimanya. Anda harus membuat diri anda di posisi yang bagus dan sudah tahu apa yang harus dilakukan," tuturnya.

Pemain yang dijuluki Captain America itu juga tak lupa mengutarakan pentingnya sentuhan pertama untuk membuat lawan kebingungan.

"Apa yang bisa saya lakukan dalam menyerang untuk mengubah jalannya laga?" kata Pulisic.

"Ini tak hanya tentang menerima bola dan mencari jalan saat anda menguasai bola, karena banyak sekali pemain yang dapat melakukan itu," kata pemain berposisi sebagai gelandang serang tersebut menjelaskan.

Masih menurut Pulisic, satu hal yang penting adalah tetap agresif saat menerima bola.

"Seringkali, ini bukan tentang menerima bola dan menghentikan di kakimu dan tak memiliki opsi apa-apa setelah itu," tuturnya.

"Tetap positif dan mengarah ke gawang lawan, saya adalah gelandang serang, itu adalah tujuan saya dalam setiap sentuhan pertama," ujarnya menutup.