Eks Bek Persija dan Persib Apungkan Harapan untuk Jakmania dan Bobotoh

By Segaf Abdullah - Senin, 31 Juli 2017 | 04:49 WIB
Eks bek Persija Jakarta, Antonio Claudio, berpose selepas menyaksikan langsung laga pekan ke-17 Liga 1 antara Persija melawan Bhayangkara FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (29/7/2017). (SEGAF ABDULLAH/BOLASPORT.COM)

Eks bek Persija Jakarta dan Persib Bandung, Antonio Claudio, berharap perdamaian antara Jakmania dan Viking dapat segera terjalin.

Hal itu dikatakan Antonio Claudio kepada Bolasport.com selepas menyaksikan laga Persija kontra Bhayangkara FC pada pekan ke-17 Liga 1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (29/7/2017).

"Sebagai mantan pemain Persija dan Persib, saya mempunyai satu harapan yakni melihat Jakmania dan Bobotoh berdamai," tutur pria yang karib disapa Toyo itu.

Toyo tidak ingin lagi melihat korban jatuh saat kedua tim bersua. Pria asal Brasil itu mengakui bahwa fanatisme kedua basis suporter memang luar biasa.

"Atmosfer yang dihadirkan Jakmania dan Bobotoh selalu membuat pemain merinding saat memasuki lapangan," kata Toyo.

"Ya, semoga kedua suporter tim bisa berdamai. Itu juga demi kemajuan sepak bola Indonesia," ucap pria yang beristrikan perempuan berdarah Minang itu.

Adapun Toyo menjadi salah satu pilar yang mengantarkan Persija menjuarai Liga Indonesia 2001. Tiga musim bersama tim ibu kota, eks pemain PSP Padang itu berseragam persib pada musim 2005 dan 2006.

Kini, Toyo sudah pensiun sebagai pesepakbola. Dia mengantongi lisensi kepelatih C AFC untuk melatih salah satu Sekolah Sepak Bola (SSB) di kawasan Bekasi.