Soal Suporter, Menpora Ingin Klub Indonesia Tiru Eropa

By Segaf Abdullah - Kamis, 3 Agustus 2017 | 15:50 WIB
Menpora Imam Nahrawi (tengah), saat sedang memberikan pernyataan di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (28/7/2017). (DOK. KEMENPORA)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, kembali mengapungkan wacana agar suporter memiliki slot saham di klub.

Hal itu dikatakan Imam dalam pidato pembuka acara "Jumpa Suporter Sepak Bola Indonesia" di auditorium Wisma Kemenpora, Jakarta, Kamis (3/8/2017) siang WIB.

"Klub sebaiknya lebih melibatkan suporter lebih dalam. Salah satunya dengan memberikan jatah suporter untuk menanam saham," kata Imam

"Dengan begitu, suporter otomatis akan lebih bertanggung jawab. Di Eropa sudah banyak klub-klub yang tingkat keterlibatan suporternya diperluas. Salah satunya dengan saham,” ucap dia.

Contoh klub Eropa yang melibatkan suporter dalam kepemilikan terdapat di Liga Jerman. Suporter berhak memiliki saham sekaligus menyumbang suara dalam kebijakan klub.

Di samping itu, Imam mengimbau para suporter agar menghilangkan yel-yel rasialis. Maka, untuk membahas lebih dalam, politisi PKB itu berencana untuk segera menggelar Kongres Suporter Indonesia.

Selain pihak Kemenpora, acara ini juga dihadiri Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, pengamat Budiarto Shambazy, dan perwakilan sejumlah klub.

Akan tetapi, tidak terlihat perwakilan tiga suporter klub besar Tanah Air, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, dan Persib Bandung.