Agen Sissoko Akan Bawa Bek Indonesia ke Thai League 1

By Alvino Hanafi - Senin, 8 Januari 2018 | 18:06 WIB
Bek Sriwijaya FC, Yanto Basna (kiri), berebut bola dengan pemain sayap Persiba Balikpapan, Anmar Almubaraki, dalam laga lanjutan Liga 1 di di Stadion Gajayana, Kota Malang, Selasa (9/5/2017). (SUCI RAHAYU/JUARA.NET)

Adanya slot pemain Asia Tenggara di Liga Thailand atau Thai League 1 membuat sejumlah klub Thailand berburu pemain ke negera-negara tetangga termasuk Indonesia.

Sejauh ini, sudah ada sembilan pemain berpaspor ASEAN yang sudah diikat klub-klub Thai League 1 termasuk winger asal Papua, Terens Puhiri.

Terens pun kemungkinan tak akan sendiri berkarier di Thai League 1 musim ini sebab baru-baru ini agen dari Mohammed Sissoko yakni Alisteer Veerasamy berencana membawa seorang bek Indonesia untuk berkarier di Thai League 1.

“Saya mencari bek Indonesia yang bermain di level teratas dan pernah main di tim nasional. Nantinya, dia akan saya bawa ke Thai League 1 karena ada klub di sana yang mencari bek berpaspor ASEAN,” kata Alister pada BolaSport.com.

Sejauh ini, Yanto Basna adalah yang paling dekat dengan kriteria yang disebutkan agen itu.

Yanto punya peluang besar bermain di Thai League 1 musim depan lantaran masih ada sejumlah yang belum memaksimalkan jatah pemain ASEAN seperti Air Force Central, Bangkok Glass, Chainat Hornbill, Muangthong United, Nakhon Ratchasima, Navy, Prachuap, dan Ratchaburi Mitr Phol.

Yanto sudah dilepas oleh Sriwijaya FC. Jika benar merumput di Negeri Gajah Putih itu, maka Yanto Basna akan menyusul jejak pemain Indonesia lain yang sudah lebih dulu memastikan diri bermain di sana.

Sebelumnya, Terens Puhiri dan Ryuji Utomo sudah mengikat kontrak bersama klub negara tersebut.