Polda DIY Klarifikasi soal Pembatalan Laga Persija Vs Persebaya

By Deodatus Kresna Murti Bayu Aji - Minggu, 3 Juni 2018 | 23:41 WIB
Manajer Persebaya Surabaya, Chairul Basalamah, dan manajer Persija Jakarta, Ardhi Tjahjoko (Media Persija)

Laga antara Persija Jakarta menjamu Persebaya Surabaya resmi dibatalkan di Stadion Sultan Agung, Kabupaten Bantul, Minggu (3/6/2018).

Laga yang semestinya berlangsung pada Minggu malam ini harus dibatalkan lantaran situasi yang tidak kondusif.

Sebelumnya, Bolasport.com memberitakan bahwa laga ini resmi dibatalkan oleh pihak kepolisian.

Namun dari kepolisan mengklarifikasi bahwa pembatalan ini hanya diumumkan lewat kendaraan yang dilengkapi dengan pengeras suara.

(Baca Juga: Laga Persija Kontra Persebaya Batal Digelar demi Nyawa dan Keamanan)

"Jadi bukan dari polisi polda DIY. Memang pengumuman pembatalan itu disampaikan oleh polisi karena polisi memiliki kendaraan dengan dilengkapi pengeras suara, sehingga efektif untuk menyampaikan kepada para suporter," tulis Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yulianto.

Sesuai fakta yang ada di lapangan, pengumuman pembatalan tersebut dilakukan oleh pihak kepolisian sebelum ada penandatanganan dari pihak panitia pelaksana, Persija Jakarta, Pesebaya Surabaya, dan match commissioner.

Setelah pihak dari Persija Jakarta datang ke lokasi 15 menit sebelum kick-off, pembatalan pertandingan pun diresmikan dengan penandatanganan pada surat pembatalan antara manajer kedua tim, panitia pelaksana, dan match commisioner.

Pada surat pembatalan tersebut juga tertulis salah satu alasannya karena tidak adanya jaminan keamanan dari pihak kepolisian.

Atas adanya klarifikasi ini artikel pertama yang ditulis telah dihapus atas keputusan redaksi dengan pertimbangan agar tidak terjadi salah paham.


Surat pembatalan pertandingan Persija Jakarta Vs Persebaya Surabaya, Minggu (3/6/2018).(DEODATUS KRESNA/BOLASPORT.COM)