Informasi Penting Jelang 16 Besar Liga 2 Mengenai Promosi, Degradasi, dan Sistem Setengah Kompetisi

By Fallen Oktafian - Senin, 18 September 2017 | 22:01 WIB
Logo Liga 2 Indonesia (superball.id)

Jelang laga 16 besar Liga 2 Indonesia, beberapa informasi penting mengenai sistem pertandingan, degradasi, dan promosi klub.

Gelaran Liga 2 Indonesia yang bergulir sejak 19 April 2017 telah mengukuhkan 16 klub yang berhasil melewati fase penyisihan grup untuk melanjutkan laga ke babak 16 besar Liga 2 Indonesia.

Babak 16 besar dibagi menjadi 4 Grup yaitu (Grup A, Grup B, Grup C, dan Grup D) untuk melakukan pertandingan dengan sistem setengah kompetisi.

Sistem setengah kompetisi adalah pertandingan dua kali tatap muka (laga tandang dan kandang), untuk mendapatkan tim juara dan runner up Grup dalam laga 8 besar.

Laga 8 besar akan menghasikan tim yang lolos ke semifinal, final, dan juara kompetisi Liga 2 Indonesia.

Selain itu, ke 16 tim yang berkesempatan mempertahankan diri di Liga 2, juara ke-3 dan ke-4 Grup akan dipertemukan kembali untuk mempertahankan diri di kasta kompetisi Liga 2 Indonesia, ditambah 3 tim yang terdegradasi dari Liga 1 Indonesia.

Pada kompetisi Liga 2 Indonesia mendatang, tim yang berlaga di kompetisi kedua Liga Indonesia tersebut akan berjumlah 24 tim dengan perhitungan 21 tim berasal dari Liga 2, dan 3 tim dari Liga 1 Indonesia.

Pada gelaran 16 besar liga 2, akan diperoleh Juara, runner up, dan juara ke-3 Liga 2 yang berhak promosi ke Liga 1 Indonesia untuk menggantikan ketiga tim yang terdegradasi dari Liga 1 Indonesia.

Berikut beberapa poin- poin penting mengenai liga 2 Indonesia ;

  •  Babak 16 besar menggunakan sistem setengah kompetisi yang akan menghasilkan babak 8 besar, semi final, dan partai final Liga 2 Indonesia.
  • Sistem pertandingan babak 16 Besar akan mempertemukan tim sebanyak dua kali.
  • Urutan ke-3 dan ke-4 dalam penyisihan grup akan memperebutkan posisi untuk bertahan di Liga 2 Indonesia.
  • Liga 2 Indonesia 2018 direncanakan akan diikuti sebanyak 24 tim (21 tim dari liga 2 dan 3 tim dari Liga 1 yang terdegradasi).
  • Juara, runner up, dan peringkat ke-3 Liga 2 Indonesia akan promosi ke Liga 1 Indonesia.

Demikian informasi terkini mengenai sistem Liga 2 Indonesia babak 16 besar dilansir BolaSport dari laman resmi Liga Indonesia.