Kekalahan Argentina dari Kroasia Membuat Kiper Persiba Balikpapan Jalani Latihan Intensif

By Deodatus Kresna Murti Bayu Aji - Jumat, 22 Juni 2018 | 21:05 WIB
Pelatih Persiba Balikpapan, Wanderley Junior dan asisten pelatih Haryadi (kanan) pada sesi latihan timnya di Balikpapan pada 23 Maret 2018. (facebook.com/persibafc.media)

Kekalahan Argentina dari Kroasia dengan skor telak 0-3 di gelaran Piala Dunia 2018 grup D pada Jumat (22/6/2018) membuat Persiba Balikpapan belajar banyak.

Kekalahan telak tersebut dinilai oleh pelatih kiper Persiba Balikpapan, Dedy Siswanto karena kesalahan fatal dari penjaga gawang Argentina yakni Willy Caballero.

(Baca Juga: Berikut Jadwal Lengkap Babak 128 Besar Piala Indonesia 2018)

Dilansir BolaSport.com dari Tribun Kaltim, Dedy menjelaskan ada beberapa faktor yang menyebabkan seorang kiper melakukan blunder.

"Over confident, tekanan penonton, dan kurangnya konsentrasi. Itu beberapa faktor penyebab blunder yang biasa dilakukan kiper. Tapi dari pertandingan itu (Argentina vs Kroasia) tampak yang paling berbahaya adalah over confident dari kiper tersebut," katanya.

Untuk mengantisipasi supaya hal itu tidak dialami oleh anak didiknya, maka latihan intensif pun akan dilakukan.

Apalagi pasca libur lebaran, Dedy menilai para pemain khususnya kiper banyak mengalami penurunan.

(Baca Juga: Hadapi Korea Selatan, Ini Daftar 23 Pemain yang Dipanggil Luis Milla)

"Latihan kiper untuk saat ini masih digabung. Karena ada copertest lari sekitar 12 menit mengitari lapangan. Kemudian diselingi latihan tangkap dan reaksi. Ini untuk merangsang kiper dalam konsentrasi dalam menangkap bola," ujar Dedy.

Latihan memang mulai banyak dilakukan oleh skuat berjulukan Beruang Madu ini, demi menghadapi kompetisi Liga 2 dan Piala Indonesia 2018 yang sebentar lagi akan bergulir kembali.