Ternyata Ini Alasan Kenapa Banyak Pemain Vietnam yang Bernama Nguyen

By Bagaskara Setyana Adhie Perkasa - Rabu, 23 Agustus 2017 | 16:40 WIB
Kapten Timnas Vietnam Nguyen Cong Phuong (THE THAO)

Jika kalian bertanya-tanya mengapa nama pemain Timnas Vietnam banyak yang bernama Nguyen, ini penjelasannya.

Di ajang Euro tahun 2016 lalu, publik mempertanyakan kenapa nama belakang pemain Islandia hampir semua bernama belakang -son.

Kali ini hal tersebut juga terjadi kepada Vietnam yang memiliki nama khas Nguyen.

Nguyen Cong Phuong, Nguyen Tuan Anh, serta Nguyen Van Toan adalah tiga dari sekian banyak nama pemain Vietnam dengan nama depan Nguyen.

Nama Nguyen ini dipercaya berasal dari bahasa mandarin "Ruan" atau dalam bahasa kanton "Yuen".

(BACA JUGA: Indonesia Vs Vietnam - Ungkapan Perasaan Evan Dimas saat Hanya Duduk di Tribune Stadion)

Pada 1802, ketika kekaisaran Vietnam dikuasai oleh Nguyen Lords, mulai banyak orang-orang di Vietnam menggunakan nama belakang Nguyen.

Saat rezim tersebut berkuasa, Nguyen Lords memaksa para warga untuk mengganti nama mereka dengan Nguyen dengan berbagai cara seperti dengan cara kekerasan.

Oleh karena itu banyak orang mengganti nama belakang mereka dengan "Nguyen" dengan sukarela supaya mereka bisa terhindar dari kewajiban bayar pajak, serta menghindari hukuman dari pengadilan ketika mereka berbuat kejahatan.

Sejak saat itu, nama “Nguyen” pun mulai merebak penggunaannya sampai sekarang. Total sampai sekarang, sekitar 40% dari keseluruhan masyarakat Vietnam (sekitar 38 juta dari total 94 juta rakyat Vietnam) menggunakan nama belakang Nguyen.