Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ini Alasan Nobar Aremania di Stadion Kanjuruhan Tak Diizinkan

By Christina Kasih Nugrahaeni - Sabtu, 10 November 2018 | 13:25 WIB
Aremania ( ISTIMEWA )

Aremania harus menelan kekecewaan akibat tidak bisa mengadakan nonton bareng (nobar) laga Arema FC konta Perseru Serui di Stadion Kanjuruhan, Minggu (11/11/2018) pukul 15.30 WIB.

Agenda nobar sebenarnya menjadi rutinitas bagi Aremania yang ingin menyalurkan kerinduannya mendukung Arema setelah dikenai sanksi komisi disiplin (komdis) PSSI hingga akhir musim 2018.

Sejak dikenai sanksi, Aremania sudah dua kali mengadakan acara nobar di Stadion Kanjuruhan.

Namun, pada laga lawan Perseru Serui, Aremania tidak bisa mengadakan rutinitas tersebut karena tidak mendapatkan rekomendasi dari pihak kepolisian.

(Baca Juga: Ramaikan Laga Borneo FC Vs PSIS, Panser Jabotabek Siapkan 2 Agenda Sekaligus)


Dituturkan oleh Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, tidak adanya rekomendasi tersebut berkaitan dengan pelaksanaan Pilkades Serentak yang diikuti oleh 42 desa.

"Kami bersamaan dengan pengamanan pilkades serentak Kabupaten Malang di 42 desa. Kan kemarin-kemarin pasca keputusan Komdis PSSI itu kan selalu ngadakan nobar di Kanjuruhan," kata Yade Setiawan Ujung dikutip BolaSport.com dari kompas.com

"Kalau kami mengeluarkan izin nobar, otomatis kami harus ada pengamanan," tuturnya.

Yade tidak bisa menjamin keamanan pada acara nobar tersebut karena harus menjaga Pilkades Serentak.

"Personel kami habis untuk pengamanan pilkades. Kami harapkan pertandingan boleh tapi nggak ada nobar karena personel kami habis, nggak ada yang bisa buat pengamanan," ujarnya.