SEA Games 2017- Sang Merah Putih Terbalik di Buku Panduan SEA Games, Ini Reaksi Para Pelajar Indonesia

By Fallen Oktafian - Minggu, 20 Agustus 2017 | 19:53 WIB
Bendera Indonesia tercetak terbalik pada buku panduan yang dibagikan kepada para pejabat dalam pembukaan SEA Games 2017 (tribunnews network)

Insiden Bendera Republik Indonesia terbalik yang pertama kali muncul pada buku panduan SEA Games 2017 terus menuai kritikan, kali ini pernyataan sikap datang dari pelajar Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) se- Malaysia.  

Sempat menjadi polemik yang menimbulkan berbagai tanggapan di sosial media dan dunia maya, insiden bendera terbalik di buku panduan SEA Games masih terus mendapatkan tanggapan.

Sebelumnya, diketahui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Imam Nahrawi, menggelar pertemuan dengan Menpora Malaysia untuk membahas persoalan bendera terbalik dalam buku panduan SEA Games 2017 hari Minggu (20/8/2017).

Hasil pertemuan tersebut adalah permintaan maaf Malaysia kepada Indonesia selaku penyelenggara SEA Games 2017.

Senada dengan pertemuan tersebut, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, juga mengeluarkan statement untuk menunggu permintaan maaf secara resmi dari pihak Malaysia.

Kali ini sikap protes datang dari organisasi pelajar Indonesia di Malaysia, Persatuan Pelajar Indonesia Malaysia (PPIM).

Melalui laman resminya, PPIM mengunggah dokumen Pernyataan sikap yang terdiri dari 5 poin penting.

Di lansir BolaSort.com dari laman PPI Malaysia, berikut merupakan 5 poin yang tertuang dalam surat tersebut :

  1. Menuntut pihak penyelenggara SEA Games ke- 29 untuk menghentikan dan tidak mengulangi kesalahan serupa serta kesalahan lainnya yang dapat mencederai cita- cita mulia penyelenggaraan SEA Games ke- 29.
  2. Menuntut pihak penyelenggara SEA Games ke-29 untuk meminta maaf kepada Negara Indonesia secara terbuka dan menarik kembali semua buku panduan, poster, dan materi informasi SEA Games 2017 baik cetak maupun digital yang telah beredar serta menggantinya dengan informasi yang benar.
  3. Mengajak semua stakeholder SEA Games ke-29 untuk sama- sama menjaga kondusifitas dan kelancaran pelaksanaan acara tersebut hingga semua kegiatan berakhir.
  4. Menghimbau seluruh warga Indonesia, khususnya para pelajar Indonesia se- Malaysia untuk tidak terpancing emosi dan tetap menjaga sportivitas serta semangat persaudaraan selama SEA Games ke-29 ini berlangsung.
  5. Mengapresiasi serta mendukung pemerintah Malaysia dan pemerintah Indonesia untuk tetap saling menjaga hubungan baik antar kedua negara dan ASEAN pada umumnya.