Indonesia vs Kamboja - Suporter Malaysia Deklarasikan Perdamaian kepada Indonesia

By Agus Triyanto - Kamis, 24 Agustus 2017 | 14:49 WIB
Suporter Malaysia deklarasikan perdaiaman kepada publik Indonesia (ESTU SANTOSO/BOLASPORT.COM)

Pesta olahraga Asia Tenggara, SEA Games Kuala Lumpur 2017 menjadi sorotan publik Indonesia setelah banyaknya insiden merugikan yang dialami kontingen Indonesia.

Contohnya, ada insiden bendera Indonesia terbalik saat pembukaan SEA Games dan wasit yang dinilai tidak adil dalam pertandingan sepak takraw Indonesia melawan Malaysia.

Atas berbagai insiden itu pun, netizen Indonesia melakukan berbagai "serangan" seperti meretas situs-situs media berita Malaysia dan membuat tagar di Twitter yang berisi sindiran kepada publik Malaysia, #ShameOnYouIndonesia.

Netizen Indonesia juga melaporkan akun-akun milik netizen Malaysia yang sudah memiliki jumlah pengikut banyak hingga akhirnya akun itu diblok oleh pihak Instagram.

Malaysia tak tinggal diam. Mereka membalas dengan aksi serupa.

Terlepas dari aksi saling balas tersebut, beberapa suporter Malaysia malah mendeklarasikan perdamaian mengajak publik Indonesia untuk berdamai.

Dalam sebuah foto, mereka tampak membawa sebuah spanduk bertuliskan pesan perdamaian. 

Ada pesan bertuliskan, "Lahir Malaysia asal Indonesia", "Salam Damai Malindo", "Malaysia Cinta Indonesia", "Indonesia Kita Serumpun", "Malaysia Kita serumpun", dan "Kita Serumpun Bangkit Bersama dan Kita Saudara".


Suporter Malaysia deklarasikan perdaiaman kepada publik Indonesia(ESTU SANTOSO/BOLASPORT.COM)