Koperasi Bobotoh Juara Bersama, dari Keluhan Tiket sampai Beli Saham Persib Bandung

By Christina Kasih Nugrahaeni - Selasa, 18 Desember 2018 | 14:31 WIB
Aksi Ribuan Bobotoh Persib Bandung di halaman Gedung Sate Bandung, Sabtu (13/10/2018). ( Tribun Jabar/Daniel Andreand Damanik )

Pendukung fanatik Persib Bandung, bobotoh, mengadakan terobosan dengan mendirikan koperasi. Koperasi tersebut diberi nama Koperasi Bobotoh Juara Bersama.

Awal mula pendirian koperasi tersebut ialah dengan alasan keluhan tiket untuk laga Persib Bandung.

Dilansir BolaSport.com dari kompas.com, ketua harian Bomber, Agus Setia, koperasi tersebut awalnya digunakan sebagai tempat untuk melihat apakah ada keganjilan tiket dan lain sebagainya.

Meski digunakan sebagai tempat 'investigasi' terkait keluhan tiket, tak memungkiri untuk koperasi tersebut bisa untuk membeli saham di Persib Bandung.

(Baca Juga: Puji Bonek, Winger Persebaya Surabaya Harapkan Ini)

"Tujuan awal kami karena arahan pak Sekda, beliau mengarahkan keluhan bobotoh apa ada tiket dan keganjilan dan sebagainya. Akhirnya kami berusaha bentuk koperasi. Jarak jauhnya jika koperasi sukses dan ada manfaat kenapa tidak membeli saham Persib," kata Agus kepada kompas.com.

Ditambahkan oleh Agus, pembelian saham tersebut akan menguntungkan bootoh.

Karena dengan membeli saham, bobotoh menjadi bagian dari manajemen dan memiliki suara di Persib Bandung.

"Kalau beli saham, akan ada suatu terobosan kami akan jadi bagian manajemen dan punya suara lebih. Akan lebih signifikan suara kami dan rasa memilikinya makin tinggi," ujarnya.