Indonesia Vs Thailand - Ini Lho Alasan Pertandingan Tak Ada Perpanjangan Waktu dan Langsung Adu Penalti

By Nina Andrianti Loasana - Jumat, 15 September 2017 | 19:15 WIB
Gelandang timnas U-19 Indonesia, Syahrial Abimanyu (tengah) saat berada di area pertahanan timnas U-19 Thailand pada semifinal Piala AFF U-18 2017 di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Jumat (15/9/2017). (AseanFootball.com)

Pertandingan Semifinal antara Indonesia Vs Thailand di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Jumat (15/9/2017) harus berakhir dengan kekalahan Indonesia melalui adu penalti.

Meski bermain apik dan menciptakan banyak peluang, Indonesia gagal mencetak satu gol pun di gawang kiper Thailand, Manpati Kantaphat.

Babak kedua pun berakhir dengan skor 0-0.

Namun ada yang berbeda dari pertandingan kali ini, pasalnya bukannya diberikan waktu tambahan, laga langsung berlanjut pada babak adu pindalti.

Umumnya dalam turnamen sistem gugur, jika kedudukan sama kuat, pertandingan akan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu terlebih dahulu.

Dan apabila setelah perpanjangan waktu 2 x 15 menit masih saja sama kuat, baru dilakukan adu penalti.

Namun rupanya tuan rumah Myanmar telah menerapkan aturan baru untuk meniadakan perpanjangan waktu sebelum laga semifinal.

Hal ini dikarenakan adanya keterbatasan waktu.

Stadion Thuwunna yang digunakan sebagai tempat laga semifinal antara Indonesia vs Thailand pada pukul 15.30, akan digunakan untuk menggelar laga semifinal antara Myanmar dan Malaysia pada pukul 18.30.

Artinya, jika diadakan perpanjangan waktu, tuan rumah tidak akan memiliki kesempatan untuk mempersiapkan stadion.

Hal ini dikarenakan Myanmar yang akan bertanding pada malam hari, tak memiliki stadion lain yang berpenerangan sebaik Stadion Thuwunna.